Renungan Harian HKBP | 10 Mei 2024

Doa pembuka: Kita berdoa! Bapa yang kami kenal di dalam Yesus Kristus Tuhan Juru Slamat. Sebelum kami memulai aktivitas, biarkan kami mengawali hari dengan mendengarkan Firman Tuhan, berkati, ajarkan, serta kuatkan hati dan pikiran kami. Di Dalam Yesus kami beroa, amin.


Bapak ibu saudara saudari yang kekasih didalam nama Tuhan Yesus Kristus, nas yang menjadi Bahan Renungan bagi kita pada hari Jumat, 10 Mei 2024, tertulis pada Kitab Daniel 2 : 44 “Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya”. Demikian Firman Tuhan.

Bapak ibu, saudara/i kekasih, nas ini berisikan tentang pernyataan Kerajaan Allah yang berdaulat. Kekuasaan Kerajaan Allah adalah yang satu-satunya memiliki kedaulatan yang bersifat selamanya. Yang sudah dimulai pada zaman nabi-nabi hingga saat ini, dan jika kerajan-kerajaan dunia ini mungkin memiliki kuasa namun itu semua bersifat sementara. 

Di dalam menjalani kehidupan ini, mungkinn ada diantara kita yang mengalami permasalahan baik itu ekonomi, kesehatan, atau juga tentang masa depan. Padahal kita sudah berusaha dan mengupayakan untuk tetap bertahan serta melakukan segala hal. Namun permasalahan itu silih berganti seakan tidak ada hentinya. Kehidupan ini pun terasa menakutkan untuk hal-hal yang terjadi dan juga yang akan datang. Kita merasa orang-orang yang memiliki kekuasaan mampu dan bahkan bisa merengut apa yang dimiliki oleh kita dan juga orang lain.

Kedaulatan itu adalah milik Allah, begitu juga dengan KerajaanNya. Kedaulatan Kerajaan Allah bersifat mutlak, permanen, satu-satunya, dan tak terbatas. Keadulatan Kerajaan Allah adalah  tempat yang mampu menaungi kita dalam pergumulan, penderitaan, kegelisahan, dan juga penganiayaan. 

Kerajaan Allah adalah harapan bagi umat Allah, mampu mengambil alih kehidupan dari ketakutan yang disebabkan oleh kerajaan-kerajaan manusia. Manusiayang serakah, yang hidupannya matrealistis, yang hidupnya tidak lagi seturut dengan kehendak Allah, yang hidupnya tidak memiliki kebenaran lagi. Kerajaan Allah menaklukan mereka dan memenangkan, Kerajaan Allah tidak akan dapat dihentikan,  manusia dengan cara apapun tidak akan mampu mengambil alih orang-orang yang beriman kepadaNya. 

Oleh karena itu bapak, ibu saudara-saudari yang kekasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus, sebagai pengikut Kristus, dalam situasi apapun yang kita hadapi saat ini, bahkan dalam keadaan yang sangat sulit. Ingat bahwa dunia ini, kehidupan ini adalah milik Allah, ditengah-tengah pergolakan manusia, hendaknya kita memiliki harapan yang kuat untuk terus dapat mempertahankan Iman kita.

Kiranya Allah Bapa, Anaknya Tuhan Yesus Kristus, dan Roh Kudus; melindungi, menguatkan, menyertai dan memberkati kehidupan kita. Amin.


Doa penutup: Kami engucap syukur ya Tuhan Atas FirmanMu pada hari ini, kuatkan kami untuk tetap dapat bertahan, melakukan seturut dengan kehendakMu terkhususnya pada hari ini tentang Kedaulatan KerajaanMu atas hidup orang yang percaya. Biarlah FirmanMu dapat bertumbuh dan dapat kami teladani dalam kehidupan kami. Didalam Yesus Kristus kami berdoa. Amin.


C.Pdt. Josua T.N. Hutabarat, S.Th – LPP I di Kantor Biro Ama dan Lansia HKBP