Renungan Harian HKBP | 16 Desember 2023


Doa Pembuka: KasihMu ya Tuhan! Hidup dan bersinar dalam kehidupan kami. Tunjukkan dan ajari kami menyadari keselamatan yang Engkau karuniakan kepada kami. Arahkan kami untuk mengungkapkan cinta, karena kami memerlukan cintaMu. Kami berdoa kepadaMu Tuhan, agar Engkau mengasihani kami selalu. Amin


Ibrani 7:25

Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.


Tuhanku Mampu Menyelamatkan

Sebuah kenyataan yang menakjubkan. Yesus mampu menyelamatkan sepenuhnya mereka yang datang kepada Tuhan melalui Dia. Ibrani pasal tujuh berbicara tentang bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung kita yang telah membayar dosa-dosa kita. Yesus selalu hidup untuk menjadi perantara bagi mereka. Tahukah Anda apa maksudnya? Yesus hidup untuk menjadi perantara bagi Anda, dan saya. Karena semua orang yang menaruh kepercayaan padaNya, bisa datang kepada Tuhan kapan saja. Sederhananya seperti yang kita lakukan dalam doa. 

Kita membutuhkan Sang Penyelamat dalam kehidupan kita! Tidak ada waktu, musim atau detik pun dalam hidup kita dimana Yesus tidak dapat menyelamatkan kita. KekuatanNya untuk menyelamatkan tidak terbatas. Itulah Kasih karunia Allah di dalam Kristus yang menebus dosa kita. Namun bukan hanya itu saja, karya perantaraan Yesus di sebelah kanan Bapa ini berarti bahwa Dia selalu bekerja demi kebaikan kita. Bahwa Dia selalu ada di tengah pergumulan kita. Maka berdoalah dalam ketekunan kita di tengah pencobaan. Karena Dia akan memberikan kekuatan, dan kemampuan agar kita mengatasi setiap permasalahan bersama dengan Dia.

Jadi, gambaran yang kita miliki tentang Yesus saat ini dan sampai selamanya, PENYELAMAT. Dia menyalurkan berkat Tuhan dalam hidup kita. Anugerah, kekuatan, belas kasihan yang kita butuhkan di setiap titik kehidupan kita. Dia membagikannya sebagai perantara kita. Dia memungkinkan kita untuk mendapatkan semua yang Tuhan sediakan bagi kita setiap saat melalui Yesus, pendoa syafaat kita. Ini adalah kebenaran yang luar biasa, tidak ada satu pun keselamatan yang disediakan Kristus yang kurang. Artinya, tidak ada cacat dalam apa yang telah dilakukan Kristus atau dalam rekonsiliasi dengan Allah yang telah Ia peroleh bagi kita. Keselamatan yang kita peroleh bersifat lengkap dan utuh serta meresap dan mencakup segalanya. Dialah yang mengangkat kita ketika iblis dan dosa telah menjatuhkan kita; Dialah yang menghidupkan kita; Dialah yang menghibur kita saat kita putus asa; Dialah yang menberi pengampunan baru ketika kita terjangkit dosa; dan Dia yang membersihkan hati nurani kita ketika hati nurani kita dipenuhi dengan rasa bersalah. Kita diselamatkan oleh Kristus; dibawa ke kemuliaan oleh Kristus; dan semua perbuatan kita tidak dapat diterima oleh Allah, melainkan karena karya Kristus. Amen


Doa Penutup: Ya Tuhan. Kami datang kepada Mu dalam nama Yesus yang mampu menyelamatkan kami seutuhnya. Kami memuji Mu atas keselamatan penuh, keselamatan yang kami peroleh sekarang dan selamanya melalui Yesus. Kami datang kepada Mu dengan segala macam kebutuhan dalam hidup kami. Tolonglah kami Tuhan untuk merayakan keselamatan yang Engkau beri. Amin. 


C.Pdt. Destri Ayu Natalia Hutauruk, S.Si. (Teol.)- Melayani di Biro SMIRNA HKBP


Pustaka Digital