Renungan Harian HKBP | 17 Mei 2023

Syalom selamat pagi Bapa/ ibu, Saudara/ i. Dimanapun berada saat ini sebelum memulai aktivitas hari ini kita terlebih dahulu mendengarkan firman Tuhan , kita bersaat teduh sejenak.

 

Doa Pembuka: Kita Berdoa! Kami sungguh bersyukur Tuhan atas kebaikanMu yang telah memberikan firmanMu bertumbuh di dalam kami melalui hamba-hamba Tuhan, sehingga kami boleh percaya dan memegang teguh ajaran firman Tuhan dengan setia sampai pada akhirnya. Saat ini kami ingin mengawali aktifitas kami dengan mendengarkan firmanMu kuasai hati dan pikiran kami Tuhan supaya kami dapat menerima dan memahami firmanMu, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

 

Firman Tuhan untuk kita hari ini tertulis dari : 2 Timotius 2:11 Benarlah perkataan ini: "Jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia;

 

Untuk menjadi setia sebagai pengikut Tuhan Yesus, kita harus mengalami berbagai proses yang mampu membuat kita menjadi kuat dan tangguh. Dalam perikop ini Paulus mengawali dengan menyinggung seperti prajurit dan olahragawan dan Petani. Hal ini mengingatkan kita tentang kesetiaan untuk mencapai suatu tujuan. Prajurit harus tetap setia membagun kedisiplinan dan siap sedia melaksanakan printah komandanya dan tidak memusingkan tentang dirinya, selain itu Paulus juga meyinggung tentang olahragawan ia harus menuruti segala aturan supaya ia dapat menjadi juara dan petani harus bekerja keras supaya ia bisa menikmati hasilnya. Dalam semua lini kehidupan ini sangat dibutuhkan kesetiaan dan konsistensi dalam diri seseorang untuk mencapai sebuah tujuan.

 

Sebagai orang yang percaya kepada Yesus Kristus tentu kita harus konsisten dan kuat untuk hidup di dalam iman kita dalam keadaan apapun. Sekalipun banyak pengajaran-pengajaran yang baru berkembang tentang keimanan kita, ini tidak akan mampu mempengaruhi iman kita jika kita mau setia kepada Tuhan Yesus. Menjadi kuat di dalam iman tidaklah mudah, perlu latihan dan perlu usaha mendalami akan ajaran iman kita supaya kita kuat dan memahami apa yang dikehendaki firman Tuhan dalam hidup kita.

Nats renungan ini akan dapat kita pahami dari sudut pandang kesetiaan. Siapa yang tetap setia sampai mati karena iman kita kepada Tuhan Yesus Kristus tentu hal yang sangat berharga yang kita dapatkan adalah kitapun akan hidup dengan Tuhan Yesus Kristus dalam kemuliaanNya. Maka setialah sampai akhir untuk mempertahankan keimanan kita kepada Tuhan Yesus Kristus dalam segala zaman, tantangan dan rintangan.

 

Doa Penutup: Kita Berdoa!Terima kasih Tuhan untuk firmanMu yang mengajarkan kepada kami tentang harga sebuah kesetiaan. Menjadi setia tidaklah mudah , untuk itu mampukan kami Tuhan untuk terus melatih diri kami benar-benar mau diajar oleh firmanMu dan dibentuk oleh firmanmu suapaya kami menjadi kuat dan Tangguh mengahadapi berbagai tantangan terhadap iman kami terlebih di kemajuan zaman yang sangat pesat ini. Kuatkan serta teguhkan hati kami, menjadi pengikut-pengikut Tuhan Yesus yang setia.

 

Anugerah Tuhan Yesus Kristus dan kasih setia Allah Bapa dan persekutuan Roh Kudus yang menyertai kita sekalian. Amin.

 Bvr. Pawani Panjaitan- Melayani di Biro Sending HKBP