Renungan Harian HKBP | 26 Desember 2023

Doa Pembuka: Damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal, itulah kiranya yang menyertai hati dan pikiran saudara/i, dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. Amin.

Firman Tuhan yang ditetapkan bagi kita pada hari ini, 26 Desember 2023 tertulis pada Mazmur 96:1 - 13.

1. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, menyanyilah bagi TUHAN, hai segenap bumi!

2. Menyanyilah bagi TUHAN, pujilah nama-Nya, kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari.

3. Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di antara segala suku bangsa.

4. Sebab TUHAN maha besar dan terpuji sangat, Ia lebih dahsyat dari pada segala allah. 

5. Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah hampa, tetapi TUHANlah yang menjadikan langit.

6. Keagungan dan semarak ada di hadapan-Nya, kekuatan dan kehormatan ada di tempat kudus-Nya.

7. Kepada TUHAN, hai suku-suku bangsa, kepada TUHAN sajalah kemuliaan dan kekuatan!

8. Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya!

9. Sujudlah menyembah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai segenap bumi!

10. Katakanlah di antara bangsa-bangsa: "TUHAN itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran."

11. Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorak, biarlah gemuruh laut serta isinya,

12. biarlah beria-ria padang dan segala yang di atasnya, maka segala pohon di hutan bersorak-sorai

13. di hadapan TUHAN, sebab Ia datang, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetiaan-Nya.

Saudara/i yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. 

Peristiwa kelahiran Yesus Kristus pasti akan selalu dimaknai dengan kabar keselamatan yang telah diwartakan dan dinubuatkan sejak perjanjian lama oleh para nabi, sebab demikianlah Allah berkehendak menyatakan kabar keselamatan yang pertama kepada bangsa Yahudi dan digenapi sampai kepada seluruh kaum dan bangsa dalam karya keselamatan yang universal. Kabar keselamatan itupun telah diperdengarkan di dalam nyanyian pemazmur yang memproklamirkan bahwa keselamatan itu nyata dan Ia akan menjadi hakim atas seluruh dunia. Mazmur ini merupakan panggilan untuk memuji, menyembah, dan memuliakan Allah sebab Allah sendirilah sumber keselamatan, Allah yang melakukan perbuatan-perbuatan ajaib yang menjadikan segala sesuatunya dan lebih dahysat dari pada segala allah. Dan Allah akan menjadi hakim yang mengadili seluruh bangsa sesuai dengan keadilan, kesetiaan, dan kebenaranNya, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. 

Pemazmur mengajak menyanyikan nyanyian baru dalam rangka menantikan adanya pembaharuan dan penggenapan melalui pengorbanan Allah di dalam AnakNya Tuhan Yesus Kristus. Sejarah yang panjang pada perjanjian lama akan digenapi pada perjanjian yang baru dan membuka perjalanan yang baru, bukan untuk meniadakan peristiwa sejarah Israel itu dan bukan untuk meniadakan keselamatan kepada bangsa itu, tetapi keselamatan itu akan digenapi dan diperbaharui bukan hanya untuk Yahudi saja tetapi untuk segala bangsa yang percaya dan menyembah Allah di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Keselamatan itu nyata melalui Yesus Kristus yang hadir ke dunia sama seperti manusia dan memikul penderitaan seperti manusia, Allah yang turut menderita untuk memberikan keselamatan kepada semua orang yang mau percaya.

Dari hari ke hari pemazmur mengajak untuk mengabarkan keselamatan dan memuji namaNya untuk mengingatkan bahwa di setiap waktu, Allah berbuat dan bekerja untuk ciptaanNya baik kita sadari maupun tidak kita sadari. Ia telah berbuat dan bekerja untuk manusia, bahkan sebelum manusia itu meminta dan memohon. Dan sekalipun pujian dan persembahan yang diberikan oleh manusia dipanjatkan kepada Allah, bukan hanya berarti supaya Allah memberikan dan mengabulkannya, tetapi karena Allah sudah terlebih dahulu menyatakan kuasa dan perbuatan-perbuatanNya; atas dasar itulah permohonan dan pujian seharusnya didasarkan setiap hari bahkan setiap saat. Sebab sesungguhnya, tidak ada allah lain yang lebi dahysat daripada Allah Israel dan tidak ada manusia yang sanggup hidup menurut kekuatan dan kuasanya sendiri. Allah yang agung, kuat, dan kudus itulah yang menciptakan langit dan bumi dan juga senantiasa setia terhadap janjiNya.

Kebenaran Allah akan mengadili dunia ini di dalam nama AnakNya Tuhan Yesus Kristus, Allah akan menjadi hakim terhadap segalanya. Allah itu menaruh kepeduliaan kepada semua bangsa, tetapi Ia juga akan memberikan penghakiman dan pengadilan bagi orang yang tidak mau percaya dan yang senantiasa tinggal di dalam perbuatan-perbuatan yang mendatangkan maut yang jauh dari keselamatan yang Allah telah sediakan bagi dunia ini. Di dalam Yesus Kristus, Allah telah menggenapi dan menyatakan keselamatanNya. Di dalam Yesus Kristus, segala bangsa dan semua orang yang percaya akan mendapatkan keselamatan hanya karena kuasa dan kekuatanNya serta oleh karena kasih karunia dan kesetiaanNya. Di dalam Yesus Kristus, rencana Allah digenapi dan di dalam Yesus Kristus, kita menjadi layak di hadapan Allah. Melalui pesta Natal II ini, jemaat diingatkan untuk selalu hidup di dalam pujian dan penyembahan kepada Allah. Kita diajak untuk merayakan keselamatan yang telah nyata di dalam Yesus Kristus dengan membawa persembahan kepada Allah, mempersembahkan dan menyerahkan seluruh hidup kita demi kemuliaan nama Tuhan. Selamat merayakan keselamatan dari Allah melalui peringatan kelahiran Yesus Kristus ini. 

Doa Penutup: Ya Tuhan Allah kami di dalam nama AnakMu Tuhan Yesus Kristus, dan Roh Kudus. Terimakasih ya Tuhan, firmanMu yang kami dengar meneguhkan kami untuk mengenal keselamatan dan kasih setia Tuhan di dalam kehidupan kami. Ajar kami ya Tuhan Allah, untuk senantiasa bersandar dan mengandalkan Tuhan di dalam kehidupan kami. Kami serahkan seluruh kehidupan kami kepadaMu, kehendakMu lah yang terjadi dan berkuasa memelihara hati dan pikiran kami. Amin.

Pdt. Sahat M. Sagala, S.Th – Melayani di Biro SMIRNA HKBP