"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Rest In Peace: ERNA SIMANJUNTAK Naposobulung HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran

Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, dalam unggahan status di laman FBnya menuliskan, “Lucius Annaeus Seneca - filsuf Romawi pada abad pertama mengatakan, Hidup adalah seperti sebuah cerita, yang penting bukanlah seberapa panjang, melainkan seberapa baik (cerita atau hidup itu). Itulah yang terutama." Postingan itu dituliskan sesaat setelah melayat jenazah salah seorang naposobulung HKBP yang berkiprah dalam pelayanan naposobulung di HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran.



Jumat, 28 Januari 2022, keluarga besar Naposobulung HKBP - khususnya Distrik XVI Humbang - Habinsaran harus merelakan kepergian salah seorang kader terbaiknya - Erna Simanjuntak, dalam usia yang relatif singkat - tutup usia 31 tahun. Memang sedih, terutama bagi keluarga yang ditinggalkan. Namun, di tengah kesedihan itu, sebuah kisah hidup anak muda patut disyukuri, karena Erna telah menorehkan perjalanan hidup bagai cerita indah yang akan dikenang banyak orang. Dia sangat aktif dalam pelayanan dan kegiatan gerejawi. Tahun 2018-2020 dia mengabdi sebagai Ketua Persekutuan Naposobulung Distrik XVI Humbang Habinsaran dan untuk periode 2020-2024 menjadi Bendahara PND.


Tahun 2018 dia terlibat dalam menginisiasi Rumah Baca untuk Anak-anak Desa Pariksabungan dan aktif mengajar Anak-anak Sekolah Minggu di HKBP Pariksabungan. Pada bulan September 2021 yang lalu, Erna berperan aktif dalam menyukseskan Konsultasi Nasional (Konas) Pemuda HKBP di Perkampungan Pemuda HKBP, Jetun-Silangit. Kiprahnya dalam kegiatan pemuda (naposobulung) dan kegiatan gereja diakui rekan naposobulung, Praeses Humbang Habinsaran Pdt. Darna Lumbantobing, Kabiro Pembinaan HKBP, Pdt. Dr. Enig Aritonang, dan Ketua Umum PKNP Rovaldo Aritonang, yang juga hadir dalam acara penghiburan hari ini. Bahkan, saudara-saudaranya yang adalah seorang diakones dan guru huria mengakui kegigihan Erna melebihi apa yang mereka lakukan sebagai pelayan Tuhan.


Sebagai bentuk solidaritas terhadap naposobulung, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, didampingi Kabiro Pembinaan HKBP, Pdt. Dr. Enig Aritonang, bersama-sama dengan Ketua PKNP, Rovaldo Aritonang, dan Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, Pdt. Darna Lumbantobing, mengadakan ibadah penghiburan kepada keluarga di desa Pariksabungan-Siborongborong pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 sebelum jenazah dimakamkan. Para pelayat sangat banyak menghadiri pemakaman Erna Simanjuntak sebagai bukti bahwa kiprahnya dalam pelayanan di tengah-tengah gereja dan masyarakat sangat nyata. Pdt. Deonal Sinaga dalam khotbah pastoralnya mengajak para handai tolan agar turut mendoakan keluarga yang ditinggalkan. (DK-NXC)


Pustaka Digital