Serah Terima Jabatan Ketua Sekolah Tinggi Guru Huria (STGH) HKBP


Pelaksanaan serah terima jabatan Ketua STGH HKBP diadakan  pada hari Selasa, (27/4/2021) di Gedung J. Warneck, Seminari Sipoholon, Tarutung, Tapanuli Utara.  Pdt. Tongam   M. Sihombing, M.Th menyerahkan jabatan ketua kepada Pdt. Marnaek Simanungkalit, S.Th, M.Pd.K sesuai dengan surat keputusan Ephorus HKBP.  Kegiatan tersebut dilakukan di hadapan Sekretaris Jenderal,  Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST.


Pada penyampaian memori tugas, Pdt. Tongam M. Sihombing, M.Th menyebutkan “jabatan Ketua yang terimanya bukanlah sesuatu yang dicita-citakan, tetapi karena situasi duka atas meninggalnya Pdt. Demak Simanjuntak, M.Th.” Kala itu, almarhum Pdt. Demak menjabat Ketua  sebelum beliau. Pimpinan HKBP 2016-2020 menyikapi situasi itu dan  memutuskan Pdt. Tongam M. Sihombing, M.Th menggantikan almarhum sebagai Ketua.

Banyak program STGH HKBP  yang telah diputuskan belum tuntas, seperti pembangunan RUSUNAWA  dalam bentuk kerjasama dengan Kementerian PUPR Republik Indonesia. Program ini terkendala karena sertifikat tanah  Seminarium Sipoholon masih dalam tahapan tindak lanjut. Akreditasi STGH HKBP tinggal menunggu waktu saja dari BAN-PT. “Sebab sejak Februari 2021, STGH telah mengisi borang akreditasi yang ditentukan oleh BAN-PT” sebut Pdt. Tongam.


Ketua Baru, Pdt. Marnaek Simanungkalit mengajak seluruh dosen, staff dan pegawai dapat kerjasama demi meningkatnya mutu pendidikan  dan tercapainya akreditasi  STGH  ini.

Dalam bimbingan arahan, Sekretaris Jenderal menyampaikan beberapa hal. Pertama, Sekretaris Jenderal memberi ucapan selamat kepada Pdt. Marnaek yang bersedia menjadi  Ketua  dan kepada Pdt. Tongam sebagai dosen Sekolah Tinggi Bibelvrow (STB) HKBP. Kedua, Kualitas HKBP didukung oleh lembaga-lembaga  pendidikan teologinya. Karena mayoritas  pelayan di HKBP adalah keluaran dari lembaga  pendidikan teologi milik HKBP. Diharapkan setiap lembaga pendidikan teologi HKBP dapat  menghasilkan pelayan yang memiliki spritualitas yang tangguh, karakter kristiani yang  teruji dan terpuji,  Intelektual cemerlang dan semangat mengabarkan injil yang berkobar-kobar. Ketiga, Ephorus telah mengeluarkan SK Tim yang bertugas untuk mengkaji penyatuan ke-4 lembaga pendidikan teologi HKBP. Keempat, Sekretaris Jenderal mengarahkan  Ketua STGH, STB, dan STD untuk menciptakan buku panduan masing-masing, yang di dalamnya telah dimuat tugas dan peran senat dosen.  Kelima, setiap lembaga Pendidikan Teologi HKBP memanfaatkan teknologi digital  untuk hal keuangan.  Agar sistem keuangan  setiap lembaga semakin rapi ke depannya. Demikian juga, pelaksanaan program diharapkan sesuai dengan SOP yang ditetapkan oleh lembaga masing-masing, seperti penerimaan mahasiswa baru, wisuda dan sebagainya. Sehingga kekompakan  terwujud di masing-masing lembaga.


Kegiatan serah terima ini dihadiri  oleh ketua STB, Pdt. Dr. Benni Sinaga, Ketua  STD,   Diak. Dr.  Eleven Sihotang,  para dosen, pegawai dan mahasiswa STGH mengikutinya dengan zoom. (B-TIK).