Sosialisasi Pelaksanaan Sentralisasi Keuangan HKBP

Usai ibadah pagi yang dilaksanakan di Ruang ibadah, Selasa (29/3/2022), Ephorus dalam informasi dan bimbingannya menginformasikan pelayannya sepanjang satu minggu diantaranya, memimpin Jubileum dan MBO HKBP Resort Pardomuan Distrik XXX Riau Pesisir, , mengunjungi warga jemaat HKBP Rancaekek yang sedang bergumul, mengikuti seminar Nasional mengajukan Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional.

Terkusus untuk pergumulan warga jemaat HKBP Rancaekek, Ephorus akan menyampaikan “Pesan Ephorus” melalui youtube, mengajak seluruh warga gereja untuk ikut mendoakan, dan kepada warga gereja yang memiliki kuasa untuk bergerak tidak tinggal diam, melainkan memakai kuasanya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tentang Program Sentralisasi Keuangan Ephorus menyampaikan, setelah Rapat Praeses dan Rapat Majelis Pekerja Sinode (MPS) bulan Februari yang lalu, sudah ditetapkan sosialisasi Rencana Pelaksanaan Sentralisasi Keuangan HKBP di semua distrik yang pelaksanaannya dilakukan per-regional distrik-distrik yang saling berdekatan. Sosialisasi Pelaksanaan Sentralisasi Keuangan akan dilaksanakan mulai bulan April hingga Mei 2022.

Ephorus menjelaskan, untuk menyelaraskan Sentralisasi Keuangan HKBP, Pimpinan HKBP akan membentuk tim untuk membuat Pedoman Pengelolaan Keuangan Umum (PPKU) HKBP yang baru dan Paraturan Kepersonaliaan yang baru yang di dalamnya tertuang lama pelayan di satu tempat tidak lagi  tergantung harus empat tahun, tetapi sudah berdasarkan kinerja yang bagus untuk memastikan sentralisasi berjalan dengan baik. Setelah rampung, perangkat tersebut akan disampaikan di Sinode Godang setelah  disahkan di rapat MPS dan sudah berlaku di bulan Januari 2023.

Ephorus menyampaikan setiap pimpinan akan berupaya hadir disetiap pertemuan Regional yang membahas Pelaksanaan Sentralisasi Keuangan HKBP.

Dikutip dari laman Facebook Ompu I Ephorus Pdt. Robin Butarbutartertanggal 23 Maret pukul 09.20,  jadwal Sosialisasi Pelaksanaan Sentralisasi Keuangan adalah sebagai berikut:

-        7 April di Pematangsiantar untuk Distrik SumTim, Tebing Tinggi, Tanah Jawa, Asahan dan Asahan Labuhan Batu.

-        21 April di Balige utk Distrik Toba, Toba Hasundutan, Humbang, Dairi, Samosir.

-        26 April di Pekanbaru untuk Riau, Kerpri, Riau Pesisir, Jambi, Sumbagsel, Lampung.

-        9 Mei di Yogyakarta utk Distrik DKI, Bekasi, Banten, Deboskab, Jabartengdiy, IBT dan Borneo.

-        16 Mei di Medan untuk Distrik Medan-Aceh, Medan Utara, Binjei Langkat, Deli Serdang, Tanah Alas dan

-        18 Mei di Sibolga untuk Distrik Tabagsel, Silindung, Sibolga-Tapteng-Nias dan Humbang Habinsaran.

Ibadah pagi pelayan Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung selalu dilaksanakan setiap harinya sebelum memulai pekerjaan. Adapun rangkaian Ibadah bernyanyi dari Buku Ende HKBP, membaca ayat harian, mendengarkan khotbah renungan dan doa syafaat.

Pendoa syafaat mendoakan topik topik doa yang telah ditentukan berkaitan dengan kejadian yang terjadi di tengah masyarakat dan dunia. Mendoakan warga jemaat dengan segala aktifitasnya, pelayan dari pusat hingga huria-huria dan program-program HKBP.

Disadari dan diimani doa adalah nafas kehidupan dan keterikatan dengan Tuhan menjadi kekuatan untuk melakukan pelayanan di sepanjang hari tersebut dan menjadi bagian dari tugas pelayanan Kantor Pusat mendoakan warga jemaat, pelayan, negara dan dunia. (P. Sam – B’TIK).