"Laos didok ma tu nasida: “Boasa songon i biar rohamuna? Dia do umbahen soada haporseaon di hamu?”

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?""

Markus 4:40

Sukacita 20 KK Jemaat HKBP Immanuel Siboris Dolok Atas Kunjungan Pastoral Ephorus

Masyarakat Batak Kristen yang merantau ke daerah Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas merindukan tempat peribadahan dan persekutuan dengan Tuhan. Sekalipun jumlah perantau masyarakat Batak Kristen terbilang sangat kecil, namun semangat mereka menyala-nyala untuk mendirikan bangunan gereja. Pada tahun 1989, perantau Batak Kristen mendirikan sebuah bangunan gereja seadanya. Sampai sekarang bangunan gereja masih sangat sederhana, berdinding papan dan kini jemaatnya berjumlah 20 Kepala Keluarga (KK).


Mengetahui kunjungan pastoral Ephorus di Minggu pertama setelah Ephipanias (9/1/2021), jemaat HKBP Immanuel Siboris Dolok Resort Sipirok sangat bersukacita. Semua jemaat hadir mengikuti ibadah dan mendengar khotbah Ephorus.


Pesan khotbah Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar,  meneguhkan jemaat untuk tetap setia mengandalkan Tuhan dalam perjalanan hidupnya. Beliau menyaksikan pengalaman imannya kepada seluruh jemaat yang hadir pada ibadah minggu. 


"Tidak seorang pun dari jemaat HKBP Immanuel Siboris Dolok meninggalkan Yesus Kristus, Anak Allah, Tuhan, Juru Selamat dunia. Jemaat yang setia mengimani Allah, hidupnya akan terberkati, cita-cita dan masa depannya dijamin oleh Allah," jelas Pdt. Robinson.

Dalam ibadah, Praeses HKBP Distrik I Tabagsel-Sumbar, Pdt. Ebsan Hutabarat, M. Th bertugas sebagai liturgis, Pimpinan Jemaat HKBP Immanuel Siboris Dolok, St. L. Situmorang membacakan warta jemaat, dan Pendeta HKBP Resort Tanjung Medan, Pdt. Rudi M Simaremare, S. Th.



Sukacita jemaat semakin bertambah dengan kehadiran keluarga St. Bintang Panjaitan bersama orangtuanya, warga jemaat HKBP Immanuel Resort Medan Barat, dan keluarga Ir. Edward Halomoan Pakpahan, warga jemaat HKBP Jl. Jenderal Sudirman Medan. Kedua keluarga ini senantiasa mendukung pelayanan di bidang pembangunan spiritual jemaat dan pembangunan fisik gereja.


Jemaat di sana telah sepakat untuk membangun gedung gereja baru. Pembangunannya telah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Tiang-tiang penyangga dari beton telah berdiri, namun masyarakat sekitar kurang berkenan atas pendirian gereja di daerah tersebut dengan mempermasalahkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Jemaat berharap, pemerintah dapat memberi kemudahan agar pembangunan dapat dilanjutkan.

Majelis yang melayani jemaat HKBP Immanuel Siboris Dolok berjumlah 4 orang, diantaranya: St. L. Situmorang, St. D. br Simamora, St. E. br Situmorang, CSt. R. Sihombing, dan dibantu oleh Boke Sinaga, S. Th, alumni mahasiswa dari STT HKBP Pematangsiantar.

Kunjungan Ephorus bersama ibu ke jemaat ini didampingi oleh rombongan dari Kantor Pusat, yaitu Pdt. Fredy Tinambunan, S. Th, MM, Pdt. Sondang Napitupulu, M. Th, Pdt. Fortunate SMM Siagian, S. Th, Pdt. Esron Siregar, S. Th, dan rombongan dari Distrik I Tabagsel-Sumbar: Bapak Praeses bersama keluarga, Pdt. Rudi, Pdt. Togi Opranto Siagian, S. Th, dan Pdt. Goodnes Solin. (B-TIK)


Pustaka Digital