"Minggu IX Dung Trinitatis
Topik: POLIN MANGIHUTHON JESUS (MENGIKUT YESUS SECARA TOTAL)"

Ev: Lukas 12:49-53/Ep: Psalmen 82:1-8

Sukacita Syukuran Awal Tahun dan Launching Tahun Pemberdayaan HKBP Distrik VII Samosir


Selasa (02 Pebruari 2021), Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, MTh memimpin ibadah syukur awal tahun 2021 HKBP Distrik VII Samosir di HKBP Pangururan. Perayaan syukuran tersebut dihadiri oleh pelayan fulltimer bersama keluarga HKBP Distrik VII Samosir, undangan dari pemerintah Kab. Samosir yang diwakilkan oleh Ibu Risma Simarmata sebagai anggota DPRD, tokoh masyarakat yang diwakilkan oleh Bapak Mangindar Simbolon dan undangan gereja tetangga yang diwakilkan oleh Bapak Pdt. Jimron Gultom dari GKPDI.


Sebelum ibadah diawali dengan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP, Praeses Distrik VII Samosir, utusan pelayan fulltimer, perwakilan pemuda, perwakilan perempuan dan perwakilan dari anak sekolah minggu. Bibit ditanam secara simbolis di lahan kantor distrik VII Samosir. Adapun bibit pohon tersebut berasal dari Pengmas yang disumbangkan ialah 15 batang Matoa, 20 batang bibit Durian dan 15 batang bibit pohon Jengkol untuk mendukung menjaga kelestarian lingkungan di sekitar lahan pekarangan kantor distrik. Dimana lahan distrik tersebut kembali akan di dikelolah sebagai pusat pertanian dan peternakan untuk mendukung program pariwisata di Samosir.

Ibadah syukur dibawakan oleh Pdt. Minar A.Hutapea, S.Th sebagai liturgis dan kotbah disampaikan oleh Kepala Departemen Diakonia yang mengangkat tema kotbah dari Yoh. 15:16: “Aku Telah Memilih dan Menetapkan Kamu, Supaya Pergi dan Menghasilkan buah. Beliau menyampaikan :”Pengutusan Tuhan untuk membawa buah dimulai dari pembekalan, dipisahkan untuk hidup kudus dan pengutusan. Pemilihan dilakukan untuk memberitakan Injil ke seluruh kosmos. Sebagai wujudnyantanya melalui pemberitaan dan melakukan keadilan, perdamaian, keutuhan ciptaan, pembaharuan budi, pembebasan orang tertindas dan pengajaran. Sebagaimana Yesus selama 3 tahun memperlengkapi murid-murid-Nya untu siap pergi dan berbuah. Harapan dalam waktu dekat Departemen Diakonia dan Distrik VII Samosir akan memperlengkapi pemuda untuk menanam pohon buah-buahan. Dan meningkatkan ketahanan pangan dengan pemanfaatan lahan terbatas untuk bertanama sayur-sayuran dan beternak lele di terpal sebagaimana telah dimulai di masa pandemik. Pelayanan Gereja tidak sebatas pelayanan mimbar, tetapi harus dinamis dapat menjangkau jemaat-jemaat.

Atas sukacita perayaan awal tahun di Distrik VII Samosir, Ibu Risma Simarmata yang merupakan anggota DPRD Samosir bersedia bergabung dengan pelayanan HKBP dengan bimbingan yang disampaikan oleh HKBP untuk pemerintah. Demikian juga Amang Mangindar Simbolon yang merupakan mantan Bupati Kab. Samosir yang terpilih sebagai Pengurus Harian Geopark Kaldera Toba melihat tahun 2021 sebagai tahun pemberdayaan sebagai momentum kembali peran HKBP semakin nyata melalui program-program permberdayaan. Seperti memberdayakan ekonomi masyarakt lokal.


Kata sambutan yang disampaikan utusan dari undangan gereja tetangga megungkapkan :” menghormati gereja tetangga sebagai salah satu menyenangkan hati Tuhan. Untuk itu melalui tahun pemberdayaan  perlunya gereja Tuhan bersatu untuk menghasilkan buah. Sebagai gereja tetangga siap mendukung visi dan misi HKBP untuk memberdayakan baik secara kerohanian dan ketahanan hidup jemaat”.

Semangat pelayan tahbisan yang disampaikan oleh Pdt. Belman Sianturi sebagai perwakilan pelayan mengukapkan : “Mengawali tahun 2021 adalah sangat berharga di tahun pemberdayaan dengan visi dan misi HKBP dapat menjadi berkat”. Demikian juga Praeses Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom dengan semangatnya dengan mengawali tahun ini menyampaikan : “ Tim akan mempersiapkan prakonsep program untuk disampaikan di Sinode Distrik yang mana pada tanggal 10 Pebuari 2021, Distrik VII Samosir mengundang Stake holder seperti Op. Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbuta, Pdt. Nelson Siregar, dan Ibu Kepala Departemen Diakonia”. Dan nantinya program-program ini disampaikan di Sinode Distrik yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 Pebruari 2021 yang bertempat di HKBP Palipi Mogang.

Atas solidaritas pelayan di Distrik VII Samosir, Badan Pengurus Kemitraan juga menyampaikan parsel kepada seluruh pelayan fulltimer dan calon pelayanan dan diserahkan secara simbolis kepada utusan-utusannya, sebagai bentuk kepedulian mitra dari Ober Housen Jerman untuk Distrik VII Samosir.

Mengawali Tahun Pemberdayaan dengan sukacita kiranya dapat memberkan buah suka cita. Tuhan kiranya memampukan dan memberkati kita. (DAT)

 

Pustaka Digital