UEM International Summer School 2023 – Bergerak Bersama menuju Perdamaian dan Keadilan.

United Evangelical Mission (UEM) menggelar International Summer School yang bertajuk “Peacebuilding and Human Rights Protection” pada tanggal 19 Agustus – 02 September 2023 yang diselenggarakan di Evangelische Akadamie Hofgeismar - Jerman.



Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 orang peserta dari 11 Negara Pengutus, yang terdiri dari berbagai kalangan: Pendeta, Pekerja Gereja, Organisasi Non-Pemerintah dan aktivis sosial-masyarakat. Kegiatan ini merupakan kali kelima sejak tahun 2017 yang diinisiasi oleh UEM bekerjasama dengan lembaga-lembaga ekumenis dunia lainnya, antara lain Dewan Gereja-gereja Sedunia (DGD/WCC), Dewan Gereja-gereja Reformed Sedunia (WCRC), Lutheran World Federation (LWF), Misereor (Katolik), Brot fuer die Welt (BfdW), Evangelisches Missionwerk in Deutschland (EMW). HKBP sebagai Gereja Anggota UEM mengutus Pdt. Delky Sahat Simamora, S.Th yang melayani di HKBP Resort Sungai Langkai - Batam Distrik XX Kepulauan Riau.



Sekolah Musim Panas ini dilakukan secara intensif selama dua minggu yang dipimpin oleh 3 Fasilitator: Pdt. Dr. Kambale Kahongya dari JPIC UEM Regional Africa, Irma Riana Simanjuntak dari JPIC UEM Regional Asia dan Beate Roggenbuck dari Jerman (Conflict resolution specialist). Para narasumber di bidangnya dari beberapa regional (Asia, Africa dan Eropa) juga memperkaya setiap sesi. Di minggu kedua Peserta diajak melakukan Excursion (kunjungan) ke beberapa tempat seperti: gewaltfrei handeln e.V. sebuah organisasi ekumene pusat pelatihan perdamaian dan anti kekerasan dan Sinagoge Jahudi di Kassel. Juga berkesempatan mengikuti interreligious Dialogue di Balai Kota Kassel yang dipandu oleh Prof. Klaus Geiger (seorang ilmuwan sosial Jerman dan profesor di Gesamthochschule Kassel). 




Perlindungan Hak Asasi Manusia terutama di tingkat ‘grassroot-level’ dalam lingkup masyarakat dan gereja. Di dua hari terakhir para peserta merancang proyek perdamaian dan hak asasi manusia serta mengembangkan ide-ide proyek di tingkat regional. UEM International Summer School ini ditutup pada tanggal 02 September 2023 dengan penyerahan sertifikat kepada peserta oleh Angelika Veddeler (Leader of Regionaler Dienst UEM). 

Sumber Photo : UEM Jerman dan pribadi

Pustaka Digital