"Minggu IX Dung Trinitatis
Topik: POLIN MANGIHUTHON JESUS (MENGIKUT YESUS SECARA TOTAL)"

Ev: Lukas 12:49-53/Ep: Psalmen 82:1-8

Universitas HKBP Nomensen Medan Mewisuda 672 Orang Mahasiswa Secara Virtual

Medan, (17/7/2021) Pada hari ini Sabtu, 17 Juli 2021 telah diwisuda 672 orang dari 10 fakultas dan program Pascasarjana Universitas HKBP Nomensen (UHN) Medan secara virtual yang dihadiri sekitar 735 akun. Dimulai pukul 07:00 - 12:55 WIB. 


Kegiatan diawali dengan ibadah syukur yang dibawakan oleh Pdt. Butarbutar sebagai liturgis dan pengkotbah, Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th dengan membawa dari Amsal 1:7, Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan. Pengkotbah menyemangati wisudawan sekalipun di tengah suasana jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, akibat pandemik Covid-19 tidak mengurangi semangat. Diwisuda merupakan momen bersejarah bagi wisudawan. 


Setelah ibadah, dilanjut dengan upacara Nasional dan kemudian laporan dari ketua panitia, Martin Simangunsong, SH, MH. Dan kata-kata sambutan yang telah diaturkan panitia. 


Kata sambutan dari Rektor UHN Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H., menyampaikan kegiatan wisuda secara virtual yang diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya ini dilakukan tanpa mengurangi makna oleh karena pandemik Covid-19 yang melanda dunia. Dan berharap 57 orang dosen doktor saat ini mengajar ditambah 104 dosen yang sedang mengikuti doktor dapat meningkatkan kualitas UHN sebagaimana program Merdeka Belajar yang diterapkan. 


Kata sambutan, Kepala LLDIKTI, Prof.Dr.Ibnu Hajar, M.Si menarik dan menantang pada masa kini, peluang mencari pekerjaan hingga ke tingkat internasional terbuka baik dari perusahaan atau institusi luar negeri. Pada tahun 2030 dibutuhkan 113 juta orang untuk siap bekerja. 



Mewakili Pengurus Ikatan Alumni UHN, Turunan Gulo, S.P, MSP sekretaris umum memberikan semangat bahwa gelar sarjana tidak cukup karena setelah selesai kuliah wisudawan menghadapi kompetisi pasar kerja yang bersaing. Oleh karena itu, agar wisudawan terus menerus meningkatkan kapasitas baik itu melanjutkan kuliah, mengikuti kursus, seminar atau pun lokakarya. Demikian juga pentingnya membangun jejaring dan bertanggung jawab untuk menjaga almamater dan berkontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara. 


Mewakili wisudawan kata sambutan disampaikan oleh Julian lulusan terbaik Fakultas teknik Elektro yang berhasil menyelesaikan kuliahnya tiga setengah tahun dengan dukungan beasiswa menyampaikan berterimakasih telah diwisuda. Kemudian dilanjutkan kata sambutan mewakili orang tua, Thomas Tarigan orang tua dari Nia Tarigan lulusan terbaik dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengingatkan untuk mempertanggungjawabkan gelar dan ilmu yang didapat. 


Pengurus Yayasan UHN Nomensen, Dr. Ir. Budi Situmorang, M.U.R.P menyampaikan modal utama yang harus dimiliki generasi bangsa yaitu kepribadian yang baik dan memiliki etika. Berharap UHN dapat menjadi bintang yang unggul dan memiliki daya saing. 


Kata Sambutan dari Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar kembali menyemangati wisudawan dengan virtual acara yang dilakukan tidak mengurangi sukacita. Nasehat yang disampaikan oleh Ephorus kepada wisudawan setelah selesai diwisuda jangan langsung mencari pekerjaan, hendaknya menikmati alam, sinar matahari untuk mengambil tenaga baru dan inspirasi. Barulah mencari pekerjaan dan mampu juga menciptakan pekerjaan. Bagi Ephorus HKBP kata Nomensen menggetarkan hati mengingat Nomensen berani meninggalkan negerinya berkontribusi untuk orang lain. Oleh karena itu alumni juga wisudawan diharapkan untuk membangun membantu memajukan UHN. Di penghujung kata sambutan Ephorus tetap mengingatkan untuk semuanya berhati-hati dan disiplin menghadapi Covid-19. 



Di acara yang ditunggu-tunggu setiap nama wisudawan dipanggilkan. 

1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik : 6 orang.

2. Fakultas Hukum : 24 orang

3. Fakultas Psikologi : 8 orang

4. Fakultas Teknik : 33 orang

5. Fakultas Peternakan : 12 orang

6. Fakultas Pertanian : 44 orang

7. Fakultas Bahasa dan Seni : 20 orang

8. Fakultas kedokteran : 53 orang

9. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: 231 orang

10. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : 196 orang

11. Program Pascasarjana : 45 orang


Selamat dan sukses buat wisudawan. (SKD-DAT)

Pustaka Digital