Renungan Harian HKBP | 27 November 2023

Shalom Selamat pagi bapak / ibu dan saudara / i yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Marilah kita mempersiapkan diri untuk mendengarkan Firman Tuhan dengan bersaat teduh sejenak.

 

Doa Pembuka: Kita berdoa! Terima kasih Tuhan Yesus atas kasih dan pertolonganMu buat kami yang selalu Engkau curahkan kepada kami, sehingga penuh sukacita terlebih untuk memuji namaMu dan untuk bekerja setiap harinya. Tuhan Yesus Engkau telah menyapa kami lewat firmanMu yg mengingatkan kami bahwa Engkaulah yg dapat menghapus dosa- dosa kami, kami sering mengecewakan Engkau di dalam perjalanan hidup kami di segala tingkah laku kami tetapi Engkau selalu setia kepada umatMu dan tidak lepas pandanganMu untuk kami umatMu ini. Terima kasih Tuhan. Amin.

 

Bapak / ibu dan saudara / i yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus yg menjadi renungan pada pagi hari ini Senin 27 November 2023 tertulis dalam Jesaya  43 : 25, Beginilah firman Tuhan: Aku, Akulah Dia yg menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat ingat dosamu.

 

Di dalam pengalaman hidup kita, kita sering dikecewakan oleh banyak orang baik itu dari keluarga sendiri maupun dari teman kita terdekat. Dan yang mana yang sering kita rasakan di kecewakan kah atau mengecewakan, atau menyakiti hati / perasaan orang lain. Dan kita sering juga mengatakan sudah kumaafkan tetapi dalam hatinya masih ada rasa sakit hatinya kita tidak tahu jangan jangan hanya kata maaf saja. Rasa sakit hati itu memang sangat tidak mudah untuk di obati. Karena mengingat kita sudah disakiti, dia malah menjadi pendendam. Masih ada saja duri di hati atau sekat tidak lagi begitu dekat atau tidak begitu enak lagi hubungannya di dalam persahabatan (parsaoran) hanya sekedar saja menyapa.

Tetapi dalam hidup kerohanian kita, pernahkah kita merenungkan bahwa bagaimana Allah sanggup menerima keberdosaan kita. Padahal kita sudah mengecewakan hati Tuhan atau menyakiti hatiNya didalam perbuatan kita. Sebab Ia telah menyatakan diriNya sebagai Allah yg mengampuni dosa kita. Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat ingat dosamu. Tuhan itu Maha pengampun tidak dibalaskan akan dosa kita dosamu telah diampuni dan dihapuskan sebab dalam Allah ada pengampunan. Amin.

 

Doa Penutup: Kami selalu Engkau tuntun ke jalan benar Tuhan, tetapi kami umatMu ini yang kurang menyadari semuanya itu adalah karena kasihMu dan pertolonganMu. Ingatkanlah diri kami Tuhan untuk saling memaafkan apabila ada kekurangan dan apa bila ada kelebihan jangan menjadi tinggi hati jangan menjadi sombong karena Engkau telah mengampuni kami terlebih dahulu. Amin.

 

Anugrah Tuhan Yesus Kristus dan kasih setia dari Allah bapa serta persekutuan Roh Kudus kiranya menyertai kita sekalian. Amin

 


Bvr.  Cleopatra  Sitorus -Kantor biro Zending Siantar

Pustaka Digital