"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Badan Penyelenggara Pendidikan HKBP Programkan untuk Menata Sekolah yang Bermutu

Jumat, (19/3/2021) bertempat di Ruang Oval Kantor Pusat HKBP, berlangsung rapat koordinasi antara Dewan Pembina dengan Badan Penyelenggara Pendidikan (BPP) HKBP periode 2020 – 2024, diketuai oleh Dra. Devi Panjaitan - Simatupang, istri dari Menko Kemaritiman dan Insvestasi  Jendral TNI (purn) Luhut Binsar Lanjaitan. Rapat koordinasi tersebut membicarakan sekolah-sekolah HKBP yang berada di bawah naungan BPP HKBP.

Dra. Devi dalam presentasinya yang berjudul “Menata Sekolah HKBP yang Bermutu” memberi laporan kepada Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butar selaku pembina. Sejak dilantik pada Februari 2021 yang lalu, BPP memetakan beberapa peluang dan hambatan yang ada di sekolah-sekolah dalam naungannya. Lalu berencana mempersiapkan SMP Unggulan di Pematang Siantar. BPP juga menyelenggarakan bimbingan belajar kepada 181 orang siswa-siswi sekolah HKBP.

BPP berharap Ephorus sebagai dewan pembina dapat memberi keputusan strategis, agar BPP bergerak lebih cepat dalam upaya meningkatkan mutu sekolah HKBP, juga menyelamatkan beberapa sekolah yang nyaris tutup.

Lalu dalam arahannya, Ephorus menegaskan bahwa kepengurusan BPP yang lama sudah resmi berakhir dan sudah beralih kepada pengurus BPP yang baru, sebagaimana tahub periode di HKBP. Lanjutnya, berdasarkan Aturan & Peraruran HKBP, Pembina BPP adalah Ephorus, sedangkan pembina yayasan di Distrik ialah praeses, dan di ressort ialah pendeta ressort, secara ex-officio. Kedepan, dalam proses mutasi/ serah-terima jabatan, pergantian nama pembina di distrik-ressort-huria harus juga dipertanggung-jawabkan.

Selain itu, kepada BPP yang baru dilantik, Ephorus menyemangati BPP agar bekerja semaksimal mungkin untuk  mengurus sertifikat sekolah-sekolah di bawah naungan BPP HKBP. Juga pentinganya membuat time line dan indikator yang akan dicapai dalam periode kepengurusan saat ini.

Turut hadir pada pertemuan itu Pdt. Debora P. Sinaga, M.Th (Kepala Departemen Diakonia), Dr. Ir. Erika Pardede, M. App. Sc., selaku Wakil Ketua Dua BPP, Pdt. Dr. Benny Sinaga, selaku Sekretaris Satu, Pdt. Marudur Siahaan. MTh., selaku Sekretaris Dua, Diak. Hanna Lumbantobing, selaku Bendahara, Prof. Dr. Ir. Albiner Siagian, M.Si., Dr. Flora Damanik, Pdt. Bonar H. Lumbantobing, MTh., selaku anggota BPP. (B.TIK_PS)