"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Ephorus Time: Diskusi Bersama Sintua dan Tokoh Jemaat HKBP Se-Distrik VIII DKI Jakarta

Jumat, (9/4/2021), bertempat di Gereja HKBP Petojo Ressort Petojo diadakan kegiatan Ephorus time yang diprakarsai Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt. Bernard Manik, M.Th. Seyogyanya acara diskusi dimulai pada jam 16.30 WIB, namun karena penerbangan Ephorus dan rombongan mengalami delayed, maka diskusi baru dapat dilakukan pada pukul 17.00 WIB dan berlangsung sekitar 4 jam. Sebelumnya, di hari yang sama, Ephorus melakukan pembinaan kepada parhalado dan pelayan HKBP se-Distrik III Humbang, bertempat di HKBP Dolok Sanggul, Sumatera Utara, pukul 09.00-11.30 WIB. 


Kerinduan penatua dan tokoh jemaat HKBP se-Distrik VIII Jakarta untuk bertatap muka dan berdiskusi dengan Ephorus dapat terwujud dalam kegiatan Ephorus Time, dan ditayangkan live stream di kanal Youtube HKBP Petojo (https://youtu.be/iUQpiQ54pPg). Topik yang dibawakan dalam diskusi itu ialah “Mewujudkan Transformasi HKBP.”


Ephorus HKBP menerangkan, bahwa untuk mewujudkan transformasi, harus lebih dahulu mengetahui visi, misi, strategi dan nilai nilai HKBP. 

1.Visi HKBP adalah menjadi berkat bagi dunia. Sumber berkat itu berasal dari Tuhan. Berkat itu bersifat holistik, komprehensi, dinamis dan konsruktif. Dan rupa berkat adalah keadilan, kebahagiaan hati. pembangunan, kesembuhan, kesetaraaan, pemeliharaan seluruh ciptaan, perdamaian, kesehatan dan pendidikan. Penopang berkat meliputi spritualitas, wawasan luas, ketrampilan dan institusional building

2. Misi HKBP adalah menjadikan Murid Kristus Pelaku Firman

3. Strategi merupakan payung untuk seluruh sasaran strategis, indikator kinerja strategis dan program-program HKBP di bidang koinonia, marturia, diakonia dan kesekretariatan. Setelah itu, maka dilakukan Enabling Strategy yaitu penguatan semangat kebersamaan dan kepedulian, pendidikan, pembinaan dan pengembangan, penatalayanan sumber daya HKBP yang profesional, akuntabel, dan transparan, penguatan sinergitas oikumene yang inklusif.

4. Nilai-nilai HKBP terdiri dari interpendensi, inklusif, melayani dan kepedulian.

Penatua dan tokoh jemaat sangat antusias merespon seluruh paparan Ephorus. Banyak usul dan pertanyaan yang disampaikan kepada Ephorus. Secara umum, pertanyaan-pertanyaan dan usul-usul yang disampaikan merupakan harapan jemaat agar di masa kepemimpinan Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, tranformasi HKBP dapat terwujud. (B-TIK/JSK). 


Pustaka Digital