HKBP Batu Mamak Torgamba, Sekjend HKBP: "Rancangan Tuhan baik bagi umat-Nya dari dahulu sampai sekarang"

BAGAN BATU, hkbp.or.id - Setelah melaksanakan pemberdayaan kepada majelis pada hari Sabtu (12/3/2022), Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan berkhotbah pada ibadah Minggu di HKBP Resort Batu Mamak Torgamba (13/3/2022).


HKBP Resort Batu Mamak Torgamba dilayani oleh Pdt. Bernike Pardosi selaku Pendeta Resort yang dalam ibadah sebagai Liturgis, Gr. Marojahan Siagian, Diak. Tarida Gloria, dan CPdt. Lintong G. Nababan.


Khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Tinambunan berdasar kepada Kitab Kejadian 15:1-6. Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menekankan dua hal:

1. Rencana Tuhan adalah rencana indah dan damai sejahtera bagi umat manusia selama-lamanya.

"Tuhan yang pertama berinisiatif untuk kebaikan Abram, juga kebaikan kita umat-Nya sampai sekarang. Mungkin kita juga memiliki kekhawatiran dan beban seperti Abram, tapi di ujungnya, rencana baik Tuhan nyata bagi Abram dan bagi kita," terang Pdt. Tinambunan.

Pdt. Tinambunan mengajak warga jemaat untuk tidak terfokus maupun terpenjara dalam kekhawatiran dan beban. Kita berdoa kepada Tuhan untuk mengenali rancangan-Nya yang mengajak kita untuk "melihat ke luar," melihat kebaikan rancangan Allah yang lebih luas.


2. Hidup kita setiap hari harus selalu percaya kepada Allah.

"Selama hidup kita sudah mengalami perbuatan Allah yang besar bahkan di luar pikiran kita. Serahkanlah seluruh hidupmu kepada Tuhan, Ia akan bertindak (Mzm. 37:5). Percaya kepada Allah selalu diiringi dengan hidup doa kepada Tuhan setiap hari," terang Pdt. Tinambunan menjelaskan tentang hidup orang percaya. Percaya kepada rancangan Tuhan berdasar kepada keyakinan bahwa Tuhan jauh lebih mengenal diri kita dibanding kita mengenali diri kita sendiri.

(SKS-NS)




Pustaka Digital