"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Ibadah Pegawai dan Staff Kantor Pusat HKBP Memperingati 160 Tahun HKBP

Pegawai dan Staf Kantor Pusat bersama Pimpinan HKBP Sekretaris Jenderal Pdt. Dr. Victror Tinambunan, M.ST, Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga memperingati Ulang Tahun HKBP ke-160 (7 Oktober 1861 – 7 Oktber 2021) dalam satu ibadah yang dilaksanakan, Kamis (7/10/2021), di ruang Kapelle Kantor Pusat. 

Di hari berdirinya HKBP, Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menghadiri Sinode Am GKPA di Padangsidimpuan. Gereja GKPA merupakan gereja yang dimandirikan HKBP di tanggal 26 Oktober 1975.




Peringatan hari jadi HKBP dirayakan penuh rasa syukur melalui ibadah yang dilayankan Sekretaris Jenderal HKBP Pdt.Dr. Victor Tinambunan, dan nats khotbah dikutip dari kitab Lukas 10 : 20 “Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu tahkluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di surga”.

Sekjen menerangkan, bahwa Firman Tuhan mengajak umatnya bersukacita, karena begitu banyak yang indah dan manis kita terima sejak Pekabaran Injil sampai ke tanah Batak. Pegawai, Pelayan Penuh Waktu dan semua warga Jemaat adalah Pemberita Injil melalui pekerjaan dan keseharian kita.

Kepada Pelayan penuh waktu Sekjen menyerukan, supaya dengan jelas keteladanan misionaris yang dulu tertanam dan terpatri di dalam hati kita. “Kita diutus Tuhan untuk dipakai menjadi alat-Nya memberitakan Injil dimana pun kita, apapun profesi dan pekerjaan kita” ujar beliau.


Lebih lanjut, Pdt. Victor Tinambunan menerangkan khotbahnya tentang misi pelayanan Nommensen yang mengatakan, “Bukan apa yang mau saya dapatkan pada diri saya dari tanah Batak ini, tetapi apa yang mau Tuhan capai melalui hidup dan pelayanan saya di tengah-tengah orang Batak ini”. Di dalam sukacita dan motivasi yang murni para Missionaris memberitakan Injil sehingga menghasilkan buah.


“Satu Prinsip, bukan apa yang mau saya dapatkan dari jabatan saya untuk diri saya sendiri, tetapi apa yang mau Tuhan pakai melalui jabatan saya, melalui diri saya untuk kerajaan Tuhan di dunia ini. Jika seperti ini yang mendorong hati kita, kita dapat menjadikan HKBP yang lebih indah di masa yang akan datang, semakin berkembang diberkati Tuhan”, terang sekjen.

“Gabe siboan barita na uli dohot siboan las ni roha ma hita tu dia pe mangalangka”, pesan amang Sekjen mengakhiri khotbahnya.

Turut menyampaikan selamat Ulang Tahun Kadep Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga yang juga pamit berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Seminar Ama Regional III. Turut hadir Praeses Pdt. Renova Sitorus, S.Th, Praeses HKBP Distrik XX Kepulauan Riau di ibadah perayaan ulang 160 tahun HKBP dan membawakan doa untuk mensyukuri berkat Tuhan.


Staf dan kantor pusat sangat terharu dan bersukacita atas kesediaan para ibu, istri pimpinan, Ny.  Sri M. Simatupang, Ny. br. Pangaribuan, Ny. Omega Sitorus untuk menyediakan makanan di acara peringatan berdirinya HKBP. Dengan kebersamaan ketiga ibu mengucapkan  selamat ulang tahun HKBP ke-160.

Sebelumnya Untuk memeriahkan ulang tahun HKBP yang ke-160, sejak tanggal 28 September 2021 Kantor Pusat HKBP Biro TIK telah meluncurkan Twibbon dengan tulisan HKBP do Ahu yang mendapat respon yang baik dari Pelayan dan Warga HKBP dengan menggunakan Twibon tersebut untuk status media sosialnya.

(P. S. - B.TIK)


Pustaka Digital