"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Ibadah Remaja Pemuda HKBP Distrik XIII Asahan Labuhan Batu (Wilayah I) dan Sosialisasi HIV AIDS serta Pengenalan HKBP AIDS Ministry (HAM)

Minggu, 16 Mei 2021


Kegiatan ini dilaksanakan pada ibadah remaja dan Pemuda HKBP se Distrik XIII Asahan Labuhan Batu, Wilayah I, yang diadakan di HKBP Desagajah, Resort Desagajah. Pelayanan ini didukung Oleh Pdt. Debora Sinaga, M.Th (Kepala Departemen Diakonia HKBP) sebagaimana bagian dari pelayanan diakonia. Peserta kegiatan ini adalah para remaja dan pemuda yang ada di Wilayah I Distrik XIII Asahan Labuhan Batu. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 218 orang, tentunya mengikuti protokol kesehatan. Wilayah I terdiri dari 5 Resort: HKBP Resort Desagajah, HKBP Resort Lobu I, HKBP Resort Lobu II, HKBP  Serdang II dan HKBP Resort  Exaudi. Sebelum berlangsung sosialisasi HIV AIDS dari HKBP AIDS Ministry (HAM), diwali dengan ibadah pembuka yang dipimpin Oleh Pdt. Budianto Sianturi, S.Th sebagai liturgis (Pendeta Resort Kisaran Kota) dan Pdt.Winner Sitorus,M.Min sebagai pengkhotbah (Praeses HKBP Distrik XIII Asahan Labuhan Batu). Dalam khotbahnya, beliau mengajak para remaja dan pemuda distrik XIII Asahan Labuhan Batu untuk menjadi pemuda yang berkualitas serta menjaga dan mempertahankan kelakuan yang baik berlandaskan Firman Tuhan. Sesuai denganTema “Komsumtif Akan Firman. “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih ? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu (Mazmur 119:9)”.


Setelah ibadah berlangsung, dilanjutkan dengan sosialisasi HIV AIDS dan pengenalan HKBP AIDS Ministry (HAM) kepada peserta yang dibawakan oleh Diak. Berlina Sibagariang (Sekretaris Eksekutif HAM), dimoderasi oleh Yan Patrick Rajagukguk (Ketua PND Distrik XIII Asahan Labuhan Batu). Selain menyampaikan pemahaman yang benar tentang HIV AIDS, Diak. Berlina juga mengajak peserta untuk bekerjasama mencapai Ending AIDS 2030 dengan 3 Zero (Zero infeksi baru HIV, zero kematian karena AIDS Dan zero stigma/ diskriminasi terhadap Orang dengan HIV AIDS). Melalui pengaktifan HAM di distrik ini, maka tujuan itu dapat tercapai. Pada kesempatan ini, HAM juga memperkenalkan aplikasi penjangkauan kemungkinan terinfeksi HIV yang dapat diakses oleh semua orang melalui instal dari playstore di Handphone masing-masing. Semua peserta mengikuti instruksi dan mengisi pertanyaan-pertanyaan yang tertera di aplikasi tersebut.


Setelah sosialisasi berlangsung, dilanjutkan dengan kegiatan remaja pemuda yang dipimpin oleh PND Distrik XIII Asahan Labuhan Batu (perkenalan PND Distrik, kuis dan foto bersama).