"Ai gok di Ho do ale Jahowa hatimbulon dohot hagogoon dohot hamuliaon dohot hatongamon dohot pujipujian; gok di Ho tahe nang saluhut na di banua ginjang dohot na di tano on. Gok di Ho do ale Jahowa harajaon, jala dipatimbul Ho diriM di atas ni saluhut na marjujungan.

Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala."

1 Kronika 29 : 11

Kepala Departemen Diakonia Kunjungi HKBP Pardomuan Nauli


Minggu (25/4/2021),  Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th melakukan kunjungan jemaat ke HKBP Pardomuan, Distrik XIII Asahan Labuhanbatu, Jl. Protokol No.7 Blok III Pardomuan Nauli, Kec. Kualuh Selatan, Kab. Labuhan Batu Utara.


Gereja HKBP Pardomuan Nauli dilayani oleh Pendeta Resort, Pdt. Nevri Pasaribu, S.Th, Biv. Hetti Aidah Pardede dan 12 orang sintua, 5 sintua perempuan dan 7 orang sintua laki-laki. Jumlah jemaatnya 110 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 300 jiwa yang tinggal di 4 lingkungan. Dan rata-rata jemaat, bekerja sebagai berkebun Kelapa Sawit. Dampak yang dirasakan jemaat HKBP Pardomuan Nauli karena Covid 19, harga hasil pertanian jemaat menurun. 


Sekalipun jaringan koneksi internet belum kuat dan jalannya yang rusak tidak mengurangi semangat dan sukacita pelayan yang dilakukan oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP. 


Pdt. Debora menyempatkan diri melayani di Ibadah sekolah Minggu pukul 08:00 WIB yang dihadiri 56 anak Sekolah Minggu dan beberapa guru Sekolah Minggu (St. R. Sidabutar, Asrini Sinurat, Yunita Saputri Sinurat, Intan Indah Sari Tambunan dan Winda Gultom). Pdt. Debora Sinaga dalam kesaksiannya menyampaikan rasa bangganya bahwa Anak-anak Sekolah Minggu Pardomuan Nauli mampu menghafal titah dan ayat bulanan. Anak-anak SKM sangat semangat maju ke depan mengucapkan titah dan ayat bulanan secara lancar dan tepat. 


Seusai melayani di SKM, Pdt. Debora melayani dalam ibadah umum yang dilaksanakan pukul 10:00 - 12:00 WIB. Jumlah jemaat yang mengikuti ibadah adalah 140 orang yang terdiri dari kaum Bapak sebanyak 19 orang, Ibu 71 orang, Remaja dan Pemuda 36 orang, dan pelayan sebanyak 14 orang.


Kepala Departemen Diakonia HKBP menyampaikan khotbah yang tertulis dari 1 Yohannes 3:19-24. Dalam khotbahnya, Pdt. Debora memberikan penekanan bahwa orang percaya harus menunjukkan hidup di dalam kebenaran. Sebab orang yang hidup dalam kebenaran tenang membawa dirinya, hidup damai dan bukan orang yang gampang emosi. Dan orang tersebut setia mengimplementasikan perintah Tuhan. 


Petugas Ibadah Minggu Jubilate dilayani oleh St. E. Sirait sebagai Liturgis, St. H. Siahaan sebagai Pembaca Warta Jemaat, pembawa doa syafaat dari sektor IV. Sebagai pengumpul persembahan  St.P. Panjaitan dan St. H. Sihombing. Pemain musik St. B. Panjaitan dan song leader, sedangkan Alestro dan Kartika menjadi penerima tamu dari sektor II.

Setelah Ibadah usai, Pdt. Debora mengikuti aara ramah tamah di rumah dinas pendeta resort HKBP Podomuan. (SKD-DAT)