"Minggu Septuagesima
Topik: GABE SIULAHON HATA I (HIDUP BENAR SESUAI DENGAN HUKUM TUHAN)"

Ev: Jakobus 1 : 22-25/Ep: Jesaya 58 : 1-9a

Kepala Departemen Koinonia Melayankan khotbah di HKBP Hutatinggi

Minggu, 11 April 2021, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah pada kebaktian Minggu di HKBP Hutatinggi, Ressort Hutatinggi, Distrik XVI Humbang Habinsaran. Tiba di kompleks gereja pukul 10.05 WIB suasana gereja masih sepi, baru ada beberepa orang jemaat yang hadir. Namun para penatua sudah berkumpul di ruang konsistori. Sambutan hangat dari para penatua juga segera terasa di dalam ruang konsistori. Jemaat ini dipimpin seorang pendeta ressort, Pdt. Parlan Marpaung, dan 13 orang Sintua (3 orang diantaranya adalah perempuan).

 


Ada beberapa hal unik yang ditemukan di jemaat ini jika dibandingkan dengan jemaat di perkotaan. Warta jemaat masih ditulis tangan oleh sekretaris jemaat, dan dibacakan di ruang konsistori di hadapan pendeta dan para sintua. Hal ini dilakukan agar semua parhadalo dapat mengoreksi apabila terdapat kesalahan warta. Kebaktian tepat dimulai pukul 10.30 WIB. Ketika arak-arakan pendeta dan penatua memasuki gedung gereja, sebuah pemandangan yang langka terlihat, para jemaat secara serentak berdiri dalam suasana hening, dan lonceng gereja berdentang dengan nyaring. Sesaat kemudian liturgis mempersilahkan jemaat duduk, disusul dengan suara musik intstrumen pertanda nyanyian pertama akan dinyanyikan.

 

Sepanjang kebaktian berlangsung, jemaat mengikuti dengan seksama, tidak terlihat aktivitas memainkan alat komunikasi HP. Hal unik lainnya yang terlihat dari jemaat ini adalah jumlah pengunjung gereja yang didominasi kaum ibu. Pada kebaktian Minggu, 11 April 2021, kaum Bapak yang hadir di gereja hanya 45 orang (sudah termasuk 8 orang penatua laki-laki), remaja dan pemuda berjumlah 54 orang, selebihnya adalah kaum Ibu berjumlah 96 orang.

 

Gedung gereja HKBP Hutatinggi tidak begitu besar tetapi cukup luas untuk ditempati 260 seat. Terdapat satu gedung Sekolah Minggu yang dibangun tepat di sisi kanan gedung gereja, sedangkan di sisi gedung gereja terdapat rumah dinas pendeta ressort. Halaman depan gereja cukup luas dan ditumbuhi sejenis rumput jepang sehingga terlihat seperti permadani jika dilihat dari kejauhan. Kebaktian usai sekitar pukul 12.40 WIB dan para penatua menyempatkan diri berfoto bersama Kepala Departemen Koinonia HKBP. (KDK-NXC).