"Laos didok ma tu nasida: “Boasa songon i biar rohamuna? Dia do umbahen soada haporseaon di hamu?”

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?""

Markus 4:40

Kiat Sukses Capai Program Mitra HKBP, Kadep Koinonia Tegaskan Prinsip: Berdiri Sama Tinggi, Duduk Sama Rendah

Jumat, 04 Februari 2022, bertempat di gedung Raja Pontas Lumbantobing, kompleks Kantor Pusat HKBP, Pearaja-Tarutung, Sekretariat Kemitraan HKBP mengadakan rapat koordinasi Tahun 2022 bersama 7 distrik HKBP dan 3 lembaga HKBP. Kesepuluh distrik dan lembaga HKBP yang bermitra tersebut adalah HKBP Distrik II Silindung, HKBP Distrik III Humbang, HKBP Distrik VI Dairi, HKBP Distrik VII Samosir, HKBP Distrik X Medan-Aceh, HKBP Distrik XI Toba Hasundutan, HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, Sekolah Tinggi Diakones HKBP, Perkampungan Bibelvrouw Pensiun HKBP, Eben Eser-Sinaksak, dan RS/Akper HKBP Balige. Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga.



Sebelum rapat dimulai, diawali terlebih dahulu dengan kebaktian, yang dipimpin langsung oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt, Debora Purada Sinaga, M,Th., dan doa syafaat dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik X Medan-Aceh, Pdt. Henri Napitupulu, M.Th. Rapat kemudian dimoderasi Sekretaris Mitra, Pdt. Sondang Napitupulu, M.Th. Jumlah peserta rapat yang hadir dari kesepuluh distrik dan lembaga HKBP yang bermitra tersebut adalah 39 orang.



Membuka pemaparan laporan dan program yang akan dilaksanakan 7 distrik dan 3 lembaga HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga menyampaikan bahwa kunci pelaksanaan mitra HKBP adalah dengan memegang teguh prinsip: berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. Maksud dari prinsip tersebut adalah, mitra HKBP selalu berada pada 2 posisi yang berbeda. Satu waktu akan memerlukan topangan bantuan, dan di waktu lain mitra HKBP akan berperan sebagai penopang pembantu. Bantuan yang dimaksud bukan sebatas topangan materi/dana, tetapi juga menyangkut bantuan ide-ide kreatif, saran dan masukan, serta tenaga dan SDM dalam pelaksanaan tiap-tiap program yang telah dibentuk.




Dalam rapat koordinasi ini, para mitra melaporkan program-program yang telah dilaksanakan di unit masing-masing, dan memaparkan program-program di tahun 2022. Rapat berlangsung dengan baik dan lancar melalui diskusi yang dinamis. Pada kesempatan rapat ini, Sekretaris Mitra HKBP, Pdt. Sondang Napitupulu, M.Th., menyampaikan kata-kata perpisahan, karena dalam waktu dekat akan meninggalkan sekretariat kemitraan untuk melanjutkan studi S-3 ke Syliman University di Filipina. Diak. Dr. Eleven Sihotang, mewakili peserta rapat merespons Pdt. Sondang Napitupulu dan memberi motivasi. Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, rapat berakhir pada pukul 16.00 WIB dipimpin Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, Pdt. Darna Lumbantobing, S.Th., dan diakhiri dengan foto bersama. (DK-NXC)


Pustaka Digital