"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

Kunjungan Pastoral Kepala Departemen Diakonia Ke HKBP Paindoan


Minggu, (14/02/2021), Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, MTh melakukan kunjungan pastoral ke HKBP Paindoan, Distrik XI Toba Hasundutan melalui Ibadah Minggu pukul 9:00 dan Pukul 11:00 WIB .

HKBP Paindoan yang merupakan salah satu gereja yang konsisten menjaga dan mengantisipasi penularan Covid-19 ketika ibadah di gereja dengan menerapkan protokol Kesehatan. Setiap yang berada di lingkungan gereja wajib memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan sistem tempat duduk 2 dan 1 setiap bangkunya. Dan juga pembagian jam ibadah sesuai lingkungan yang dibagi tiga waktu. Saat pengumpulan persembahan, peserta ibadah menyampaikan persembahannya sekali ke depan di tiga box yang telah diaturkan.


Kepala Departemen melalui khotbahnya yang tertulis dari 2 Kor 4:1-6 : “menyampaikan kesetiaan untuk mengabarkan Injil tidak ada kata Lelah sebab dengan memiliki kedekatan kepada Tuhan dan atas kasih karunia Tuhan, semua dapat tercapai. Seperti Paulus sadar dalam memberitakan Injil bukan karena dalam ketertekanan, atau keterpaksaan tetapi karena anugerah Tuhan. Ia setia dan taat sekali pun banyak tantangan yang dihadapi”.

Sebagai aplikasi khotbah, pengkhotbah menyampaikan informasi kegiatan tahun 2021 adalah tahun pemberdayaan yang mengajak seluruh jemaat ambil bagian memberdayakan satu dengan yang lain untuk saling membangun. Dan juga peran jemaat untuk mampu berbagi kasih dengan sukacita mendonorkan darah. Sebagi informasi disampaikan bahwa di hari ulang tahun HKBP AIDS Ministry yang ke-18 tahun, jemaat HKBP diajak untuk turut ambil bagian mendonorkan darah untuk menolong nyawa seseorang yang dalam keadaan kritis sangat membutuhkan darah seperti ibu-ibu yang kekurangan darah saat melahirkan, korban kecelakaan dan sesorang  karena penyakitnya.  Harapan melalui Bank Darah HKBP setiap yang menerima merasakan cinta kasih Tuhan.


Di ibadah kebaktian pukul 11:00 WIB dilaksanakan pelayanan kepada  dua orang pemuda yang naik sidi dan dua anak yang dibabtis. Gereja HKBP Paindoan dengan terbuka dan bersukacita menyambutnya dalam ibadah. Semua orang berhak menerima baptisan kudus dan orang yang telah menerima baptisan merupakan pewaris kerajaan Allah. Pdt. Debora Purada Sinaga, MTh menyampaikan tugas orang tua agar selalu setia menuntun anaknya berjalan sesuai dengan  Firman Tuhan. (DAT)