"Minggu IX Dung Trinitatis
Topik: POLIN MANGIHUTHON JESUS (MENGIKUT YESUS SECARA TOTAL)"

Ev: Lukas 12:49-53/Ep: Psalmen 82:1-8

Leading by Example: Merayakan Minggu Palmarum di HKBP Sirisirisi

Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, merayakan Minggu Palmarum (28/3/2021) di HKBP Sirisirisi, Ressort Sirisirisi, Distrik III Humbang. Rombongan Ka. Dep. Koinonia berangkat pukul 08.00 WIB dari Tarutung dan tiba di kompleks Gereja HKBP Sirisirisi sekitar pukul 09.05 WIB. Ketika itu kebaktian pukul 08.00 WIB masih berlangsung tetapi beberapa orang penatua tampak menyambut kedatangan rombongan di ruang konsistori dengan hangat.  


Ada tiga sesi kebaktian diadakan setiap minggu di HKBP Sirisirisi sejak new normal diberlakukan pemerintah pasca pandemi Covid-19 merebak. Pukul 08.00, pukul 09.30, dan pukul 11.00 WIB. Pdt. Deonal Sinaga dijadwalkan untuk melayankan khotbah pada kebaktian sesi 2 dan 3. Di sela-sela waktu menunggu sesi kebaktian, para penatua yang hadir cukup antusias berbincang-bincang dan bercengkerama dengan Pdt. Deonal Sinaga.

 

Anggota jemaat HKBP Sirisirisi ini terdiri dari 387 KK, dilayani seorang pendeta ressort, Pdt. Seremawaty Manullang, S.Th., yang sudah melayani lebih dari lima tahun. HKBP Sirisirisi memiliki 17 orang penatua dan 5 orang calon penatua dan memiliki satu jemaat cabang, yakni HKBP Sola Mercy. Luas kompleks gereja ini mencapai 3 HA. Gedung gereja HKBP Sirisirisi bisa menampung sebanyak 500 jemaat dalam ruang ibadahnya, belum termasuk 60 jemaat di area balkon. Terdapat dua unit rumah di kompleks gereja ini. Satu unit rumah dengan bunga anggrek hutan yang bermekaran, ditempati pendeta ressort. Sedangkan satu unit rumah yang lain di sisi kiri gedung gereja saat ini masih kosong. Biasanya rumah ini dihuni oleh calon pendeta yang ditugaskan untuk menjalani masa Latihan Persiapan Pelayanan (LPP).


Seusai kebaktian sesi ketiga, sekitar pukul 13.10 WIB, seluruh parhalado (penatua) berkumpul di ruang konsistori untuk makan siang. Seusai makan siang, Pdt. Deonal Sinaga menyampaikan beberapa bimbingan dan motivasi kepada para sintua. Dari 22 orang sintua yang ada, 5 orang tidak dapat hadir karena satu dan lain hal. Namun Pdt. Deonal Sinaga cukup apresiatif terhadap kehadiran tersebut karena sudah mencapai 80 persen. Selain itu, suasana kekerabatan dan kekeluargaan yang terasa dan terlihat hangat serta harmonis juga diapresiasi. Beberapa poin penting yang disampaikan Pdt. Deonal Sinaga untuk memotivasi para parhalado adalah agar semua sintua mangargahon tohonan hasintuaonna be, dalam menjalankan tugas pelayanan hendaknya setiap sintua terlebih dahulu mencerminkan kehidupan doa yang dibangun dalam diri masing-masing agar para jemaat dapat dengan yakin meneladani pelayanan tersebut, harus yakin dan percaya diri menjadi seorang sintua dalam rangka membimbing warga jemaat menjadi warga HKBP yang berdedikasi untuk pelayanan juga. Dalam kalimat bahasa Inggris Pdt. Deonal menyebutnya, leading by example. Sebagai pelayan gereja yang mempunyai tanggung jawab untuk membimbing domba-domba Yesus, hendaklah setiap penatua memberi contoh yang baik dalam tutur kata, sikap, dan perbuatan. Dengan demikian para penatua dapat menjadi pemimpin-pemimpin jemaat yang baik.

Pertemuan itu pun berakhir sekitar pukul 14.30 WIB dan ditutup dalam doa yang dipimpin Pdt. Deonal Sinaga. Sebelum meninggalkan lokasi, Kepala Departemen Koinonia HKBP berfoto bersama seluruh parhalado HKBP Sirisirisi di depan gedung gereja. (SKK-NXC)


Pustaka Digital