"Alai borngin i diida si Paulus di bagasan tondina ma Tuhan i na mandok tu ibana: Unang ma ho mabiar; hatahon ma, unang ma ho mauhom!

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!"

Ulaon ni Apostel 18:9

MINGGU PENTAKOSTA I Di HKBP POHAN TONGA, RESORT SIBORONGBORONG, DISTRIK XVI HUMBANG HABINSARAN

Minggu, 05 Juni 2022, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah di HKBP Pohan Tonga, Resort Siborongborong, Distrik XVI Humbang Habinsaran. Kebaktian dilayani dalam dua sesi, pukul 09.00 WIB (kebaktian khusus remaja) dan pukul 10.30 WIB (kebaktian umum).




Suasana kebaktian siang yang difoto dari atas balkon gereja.


HKBP Pohan Tonga dipimpin oleh St. H. Sitompul, dan 21 orang lainnya sintua (4 orang diantaranya sintua perempuan) untuk melayani sekitar 450 KK warga jemaat yang terbagi ke dalam 11 lunggu. Pendeta resort secara berkala akan datang melayankan khotbah di gereja ini, sedangkan minggu-minggu lainnya akan dilayani pengkhotbah tamu dan pimpinan jemaat HKBP Pohan Tonga. Jemaat ini telah berusia sekitar 121 tahun, jika diperhatikan dari dokumentasi foto yang ada di ruang konsistori, di mana memperlihatkan foto perayaan jubileum 100 tahun pada tahun 2001 yang lalu.


Hamparan lapangan hijau menjadi pemandangan yang asri di kompleks gereja.



Pekarangan gereja yang luas tampak bersih dan asri.


Pekarangan dan lahan gereja ini cukup luas, terdapat lapangan hijau, yang berseberangan dengan Sekolah Dasar. Satu unit rumah pastori yang bersebelahan dengan gedung serbaguna yang masih dalam tahap pembangunan. Gedung gereja sendiri baru selesai dibangun (renovasi) sekitar tiga tahun lalu. Kapasitas gedung gereja mampu menampung sekiar 350-500 orang. Pekarangan gereja terlihat bersih dan rapi.



Pdt. Deonal Sinaga menumpangkan tangan menyampaikan berkat pada penutupan ibadah minggu 


Dalam khotbahnya, Pdt. Deonal Sinaga dengan penuh semangat menyampaikan apresiasinya terhadap pelayanan parhalado HKBP Pohan Tonga, pekarangan gereja yang bersih, dan semangat para warga jemaat yang datang ke gereja mengikuti kebaktian. “ikkon dihangoluhon do tanda naung saor Tondi Porbadia i tu hita, marhite hata, parange, dohot parsaoran. Ikkon songon na siniraan, gok holong,” ujar pendeta Sinaga dalam khotbahnya.

 

Lebih lanjut Pdt. Sinaga menyampaikan, “Roh Allah diam dalam kita! Itulah yang kita rayakan dalam hari yang sangat penting dalam kalender gerejawi hari ini: Pentakosta – Peringatan akan turunnya Roh Kudus. Hari penggenapan nubuatan, termasuk Janji Yesus Kristus pada saat kenaikan-Nya ke sorga.


“Setiap orang yang dihinggapi Roh Kudus bebas dari rasa takut, rasa khawatir, kebencian, iri hati, dan kegalauan dalam menjalani hidup. Sebaliknya, dia akan melihat hidup ini sebagai satu kesempatan untuk berkarya sesuai dengan keinginan Kristus: memberitakan kabar sukacita- Injil Kristus dan membagikan hidup yang berkepenuhan (fullness of life) dan damai sejahtera.” Ujar Pdt. Sinaga dalam khotbahnya. Setelah kebaktian selesai, seluruh parhalado berfoto bersama Kepala Departemen Koinonia HKBP. DK-NXC



Punguan kategorial Ina menyanyikan lagu pada kebaktian Minggu



Seluruh parhalado HKBP Pohan Tonga berfoto bersama Kepala Departemen Koinonia HKBP setelah kebaktian siang usai.