NHKBP untuk Indonesia

Rapat Koordinasi Ketua PKNP bersama Ka. Biro SMIRNA dan Kadep Koinonia HKBP


Sebagai bentuk pengamalan salah satu motto NHKBP, masiurupan, beberapa waktu yang lalu Naposobulung HKBP (NHKBP) melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu para korban bencana alam yang terjadi di beberapa kota di Indonesia.

Pada tanggal 30 Januari 2021, diadakan ibadah Penutupan penggalangan dana dengan tajuk, “NHKBP Peduli Bencana di Indonesia” yang dipimpin Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, secara virtual.

Lalu pada hari Selasa, 09 Maret 2021, bertempat di ruang kantor Ka. Dep. Koinonia, Revaldo Aritonang, selaku Ketua Pengurus Konferensi Naposobulung Pusat (PKNP) menghadiri undangan Kepala Departemen Koinonia HKBP untuk melaporkan kegiatan penggalangan dana yang dilakukan Naposobulung HKBP dan perkembangan program-program NHKBP.


Dalam laporannya, Revaldo menginformasikan bahwa total donasi yang berhasil dikumpulkan selama satu minggu (23 s.d. 29 Januari 2021) berjumlah Rp. 46.886.302,-. Dana ini disalurkan ke tiga distrik, HKBP Distrik XVIII JABARTENGDIY menerima sejumlah Rp. 12.373.000,-; HKBP Distrik XXVII Borneo menerima sejumlah Rp. 28.000.000,-; HKBP Distrik XVII IBT menerima sejumlah Rp. 6.500.000,-. Bantuan ini disalurkan tidak hanya kepada warga HKBP yang terdampak, tetapi juga kepada warga non-HKBP. Bentuk Bantuan yang disalurkan berupa obat-obatan dan bahan makanan. Dalam laporan itu, Revaldo Aritonang menyampaikan seluruh bukti transaksi donasi dan penyalurannya dalam bentuk file tercetak kepada Kadep Koinonia.

Dalam pertemuan yang dihadiri Kepala Biro Sekolah Minggu, Remaja, dan Naposobulung (SMIRNA) HKBP, Pdt. Toho Sinaga, S.Th., M.I.Kom. ini, Ketua PKNP juga menginformasikan kepada Pdt. Deonal Sinaga tentang program-program yang sudah dikerjakan dalam waktu terakhir ini. Salah satu diantaranya, PKNP sedang menjalin kerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), melalui Pemkab TAPUT, tentang pelatihan kerja bagi para pemuda di TAPUT.


Pdt. Deonal Sinaga sangat antusias mendengar laporan-laporan tersebut dan mengapresiasi hal-hal yang sudah dicapai PKNP maupun yang masih berproses. Pdt. Deonal Sinaga menyampaikan arahan kepada Ketua PKNP agar berkoordinasi dengan Ka. Biro SMIRNA, dalam rangka melanjutkan program-program yang baik di masa mendatang. Kepala Departemen Koinonia mendorong agar Naposobulung HKBP semakin kreatif dan inovatif mengembangkan program, agar para Naposobulung menjadi pemberi solusi terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat, terutama dalam situasi pandemi ini. Pdt. Deonal Sinaga menyarankan agar Ketua PKNP bersama Ka. Biro SMIRNA menjalin kerja sama dengan UEM dalam rangka menyelenggarakan seminar bertajuk lingkungan hidup di Tapanuli Utara. Pertemuan ini berlangsung selama satu jam dan diakhiri dengan foto bersama. (KDK-NXC)

Pustaka Digital