"Nunga mangungkor ahu sahat tu bona ni angka dolok, ransangransang ni tano on pe nunga tarsordak humaliang ahu ro di salelenglelengna. Alai dipanangkok Ho ngolungku sian godung ale Jahowa Debatangku.

Di dasar gunung-gunung, Aku tenggelam ke dasar bumi; pintunya terpalang di belakangku untuk selama-lamanya. Ketika itulah Engkau naikkan nyawaku dari dalam liang kubur, ya TUHAN, Allahku."

Jona 2:7

Pdt. Dr. Deonal Sinaga Layankan Khotbah di HKBP Balata

Pada Minggu (7/3/21), Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga memimpin ibadah Minggu di HKBP Ressort Balata, Distrik V Sumatera Timur, Sumatera Utara. Berangkat menuju Balata sebelum fajar menyingsing, Pdt. Deonal tiba di Balata sekitar pukul 09.20 WIB, 40 menit sebelum kebaktian dimulai. Pdt. Deonal memanfaatkan waktu yang tersedia untuk beramah tamah dengan nyonya br. Purba, istri pendeta ressort Balata, Pdt. Edison Simanjuntak, sembari menikmati suasana pagi di pekarangan gereja. 


 

Seusai kebaktian, seluruh parhalado masih tetap berkumpul di ruang konsistori untuk jamuan makan siang. Dalam kesempatan itu juga Pdt. Dr. Deonal Sinaga menyampaikan apresiasi kepada seluruh parhalado (penatua) HKBP Balata. Beberapa apresiasi yang disampaikan Pdt. Deonal Sinaga ialah, HKBP Balata adalah salah satu gereja HKBP yang mempersembahkan rangkaian bunga hidup di meja altar dan rangkaiannya sungguh indah dan membuat suasana memasuki kebaktian semarak, gedung gereja dan pekarangan yang luas memperlihatkan kebersihan dan kerapian yang terawat, seluruh parhalado kompak dan solid, terpancar aura kebersamaan yang bersahaja. Hanya ada satu orang sintua yang tidak bisa hadir pada hari itu, dan kendati sebagian sintua telah selesai melayani pada kebaktian minggu pagi, tetapi mereka semua tetap bersedia bersama-sama menyambut Kepala Departemen Koinonia HKBP dalam jamuan makan siang. 

 


Dalam kesempatan itu Pdt. Deonal Sinaga juga menyempatkan diri berbagi pengalaman tentang bagaimana melayani jemaat dari hati yang tulus, cerita-cerita pengalaman itu terlihat sangat memotivasi para parhalado HKBP Balata. Dengan antusias, mereka mendengar dan berinteraksi dalam pertemuan itu. Ada rasa bahagia yang terpancar dari raut wajah para sintua tersebut. Pertemuan itu diakhiri dengan doa oleh Diak. L.E. br. Simorangkir, dan ditutup dengan sesi foto bersama di depan gedung gereja (KDK-NXC).