"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

Pemberdayaan Pasangan Praeses HKBP: Sehati Menopang Pelayanan

Pemberdayaan Pasangan Praeses HKBP gelombang kedua, diadakan di Gedung Raja Pontas Lumbantobing pada tanggal 13-14 September 2022 oleh Departemen Koinonia – Biro Pembinaan HKBP. Pemberdayaan ini diikuti oleh 27 Pasangan Praeses HKBP. Para Pembicara dalam pemberdayaan ini adalah Dr. Nenny Ika Putri Simarmata, M.Psi., Psikolog  (Dekan Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen), Pdt. Dr. Benny Sinaga (Ketua Sekolah Tinggi Bibelvrouw HKBP), Pdt. Dr. Enig Sonatha Aritonang (Kepala Biro Pembinaan HKBP).


Pemberdayaan ini dibuka dengan ibadah yang dilayani oleh Pdt. Chintya Megaria Situmeang, M.Th. dan secara resmi dibuka oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Kepala Biro Pembinaan Pdt. Dr. Enig Sonatha Aritonang. Kemudian kata sambutan dari Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Dr. Deonal Sinaga, dilanjutkan dengan kata sambutan dari para pasangan pimpinan HKBP yaitu Ny. Pdt. Dr. Robinson Butarbutar br. Simatupang, Ny. Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST Br. Pangaribuan, dan Ny. Pdt. Dr. Deonal Sinaga br Sitorus. Setelah itu, diadakan juga sesi perkenalan untuk seluruh pasangan praeses HKBP yang dimoderasi oleh Pdt. Agus Pordinan Siagian. 



Pada sesi pertama Ibu Dr. Nenny Ika Simarmata memberikan penjelasan mengenai pentingnya komunikasi dalam perjalanan rumah tangga dan pelayanan dari keluarga Praeses HKBP terutama dalam menunjang pelayanan Praeses di Distriknya. Kemudian perlu adanya perubahan perilaku dalam menjalani masa kepemimpinan dari Praeses sehingga tercipta keharmonisan antar pelayan, keluarga, dan jemaat. Dr. Nenny mengatakan,”kita harus lepas dari setiap kekurangan yang dirasakan, sehingga dapat menemukan tujuan kita didunia ini yaitu memuliakan nama Tuhan.”


Dalam kesempatan ini, diadakan juga Family Gathering Praeses HKBP di rooftop Hotel Sopo Nommensen. Para keluarga praeses makan bersama dengan keluarga pimpinan HKBP beserta staf dan pegawai Kantor Pusat. Selain makan bersama, mereka juga turut serta bernyanyi dan menari bersama guna keharmonisan hubungan serta merelaksasikan diri dari padatnya pelayanan yang mereka jalani selama ini.


Kemudian di hari kedua, pemberdayaan dilanjutkan dengan sesi yang diberikan oleh Pdt. Dr. Benny Sinaga mengenai Sharing Pengalaman, Pergumulan, dan Refleksi. Ibu Benny mengatakan, “Agar kita dapat sejalan dalam pelayanan – sehati  dan sepikir dalam melayani”. para pasangan praeses aktif dalam berbagi cerita pelayanan.


Dalam sesi dari Pdt. Dr. Enig Sonatha Aritonang dengan topik “Cakap dan Bijaksana dalam Bermedia Sosial”, mengajak peserta juga untuk berbagi pengalaman dan pergumulan selama melayani sebagai pasangan dari praeses-praeses HKBP, khususnya dalam bermedia sosial. Peserta juga diajak serta untuk berpartisipasi aktif di media sosial dan menjadi panutan bagi pelayan lainnya dan jemaat. 



Pemberdayaan ditutup dengan ibadah yang dilayani oleh Pdt. Eden Siahaan (Kepala Biro Ibadah HKBP) dan ditutup secara resmi oleh Kepala Biro Pembinaan yang mewakili Ephorus HKBP. Kiranya kegiatan Pemberdayaan Pasangan Praeses HKBP ini dapat menjadi berkat bagi para pasangan praeses HKBP dan memberikan kekuatan untuk mendampingi serta mendukung pelayanan para praeses HKBP. Sampai bertemu di pemberdayaan selanjutnya. (Vbm.BP) 

Pustaka Digital