"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Pembinaan Pelayan dan Seminar Keluarga HKBP Resort Langsa Parlindungan Marpaung, “Melayani adalah sebuah panggilan hati (calling)”

"Melayani adalah sebuah panggilan hati ("calling"), bukan semata mata pekerjaan apalagi profesi”. Demikian disampaikan Parlindungan Marpaung dalam sesinya pada Pembinaan Pelayan yang diselenggarakan HKBP Resort Langsa di Gereja HKBP Langsa Aceh, Jumat - Sabtu (20 -21/5/2022).

Parlindungan Marpaung menyampaikan, Seminar berupa motivasi pelayanan yang memakan durasi 3 jam termasuk tanya jawab ini untuk mengajak seluruh peserta kembali meneladani Pelayanan Tuhan Yesus. Satu hal yang membuat sukacita adalah bahwa kita adalah rekan sekerja Allah., dan oleh kemurahan Allah kita menerima pelayanan ini.


Setiap pelayan Tuhan diberi kekuatan, hikmat dan penyertaan Tuhan dlm menjalankan tugas panggilan pelayanannya dimanapun berada. Tidak hanya itu, bahkan janji janji Tuhan pun menyertai pelayan yang setia. Sebagai satu tubuh Kristus, maka kitapun harus sehati sepikir, agar pelayanan kita semakin kuat, menyebar dan menjadi kesaksian di tengah-tengah masyarakat yang majemuk dan berubah ini.


Kita bisa melakukan semua tugas pelayanan kita adalah karena bimbingan dan tuntunan Roh Kudus. Bagian kita adalah taat dan terus bekerja keras dan bersinergi dalam melayani.

Seminar Keluarga (hari kedua) dengan Tema: "Keluarga yang Sehati Sepikir Bekerja dan Melayani Tuhan"


Pada Seminar Keluarga ini Parlindungan Marpaung menerangkan, di tengah-tengah perubahan saat ini, banyak yang terdampak secara ekonomi, relasi, dsb. Keluarga harus kuat dan bersatu di dalamnya. Tidak mungkin keluarga menjadi kuat tanpa menghadirkan Kristus di tengah-tengah mereka. Itu sebabnya, keluarga yang sehati sepikir adalah keluarga yang tinggal di dalam Tuhan.

Bagaimana tinggal di dalam Tuhan ? : Berdoa senantiasa, Membaca Alkitab, menghadiri partangiangan/marminggu dan bersaksi. Orang tua memiliki tanggung jawab menjadi teladan iman dan relasi, sementara anak anak taat dan patuh. Jika sdh demikian maka keluargapun akan semakin kuat dan utuh melalui masa masa perubahan yang tidak pasti ini. Bersama Tuhan ada kepastian di tengah-tengah ketidakpastian.


HKBP Resort Langsa mengundang Parlindungan Marpaung Motivator, Training Facilitator dan Public Speaker dari Bandung untuk menyampaikan sesi di Pembinaan pelayan dan Seminar Keluarga yang disampaikan dengan konsep "fun"tastic, sehingga peserta sangat menikmati berjalannya Pembinaan dan Seminar.

Pembinaan resmi dibuka pendeta HKBP Resort Langsa Pdt. Reinhard Panjaitan, STh. Dalam kata sambutannya Pdt. Reinhard menyampaikan, kegiatan Pembinaan Pelayan dan Seminar Keluarga HKBP Resort Langsa merupakan respon HKBP Resort Langsa Aceh terhadap Tahun Kesehatian yang telah ditetapkan HKBP secara hatopan.

Lebih lanjut Pdt. Reinhard menerangkan, Pembinaan bertujuan supaya Parhalado maupun jemaat dapat menghidupi tema besar Tahun Kesehatian HKBP dengan menjalankan pola kehidupan yang sehati sepikir di dalam pengenalan akan kehendak Tuhan Bapa di Sorga dan menjadi pendukung dalam pelayanan di gerejaNya.

Pdt. Reinhard menginformaskan, kegiatan yang dibagi dalam dua tahap ini, hari pertama 20 Mei 2022 pukul 19.00 - 22.30 WIB, diikuti oleh Parhalado Partohohoan dohot Na so Partohonan (Song Leader, Organis, Operator sound system, Team Prokes, Guru Sekolah Minggu, Guru Pendidikan Agama Kristen, Pengurangan Seksi2) bersama dengan keluarga se HKBP Ressort Langsa (HKBP Langsa, HKBP Kuala Simpang, HKBP Kuala Simpang Halaban). Dihadiri sekitar 80 orang.

Di hari ke dua 21 Mei 2022, dimulai pukul. 19.45 - 23.00 peserta yang hadir adalah Anggota Jemaat, Remaja, Pemuda, Anak Sekolah Minggu Horong 3, dan Mahasiswa. Jumlah mereka semua sekitar 200 orang. (P. Sam – B’TIK ).


Pustaka Digital