"Jadi ro ma hata ni si Samuel tu sandok Israel songon on: Molo tung mulak hamu tu Jahowa sian nasa rohamuna, sai paholang hamu ma angka debata sileban sian tongatongamuna, ro di angka sombaon Astarot, jala marsihohot rohamuna tu Jahowa, jala sasada Ibana oloi hamu, asa dipalua hamu sian tangan ni halak Palistim.

Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin.""

1 Samuel 7 : 3

Peningkatan Mutu Pelayanan Diakonia di Distrik IX Sibolga


Jumat,(26/02/2021) Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada  dan Dr. Erika Pardede, wakil ketua 2 BPP melakukan kunjungan ke Kantor Distrik IX Sibolga untuk duduk bersama terkait peningkatan kualitas sekolah SD, SMK HKBP yang berada di bawah Badan Penyelenggara Pendidikan (BPP). Turut hadir bersama, Praeses Distrik IX Sibolga, Pdt.Donda Simanjuntak, Kabid Koinonia, Pdt.Nomensen Sibagariang, Kabid Diakonia, Pdt. Charles Lumbantobing serta 3 perwakilan guru dan satu pegawai sekolah. 

 

Dalam pertemuan tersebut Kepala Departemen Diakonia hadir untuk menjembatani pertemuan antara Distrik IX Sibolga dengan BPP. Dan hasil percakapan tersebut terkait dengan keberadaan sekolah yang  harus dimanagemen kembali pengelolaannya secara benar dan  transparansi. Demi menjaga kepercayaan orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah HKBP. 



 

Sebagai harapan yang disampaikan oleh  Praeses,  mengharapkan agar sekolah-sekolah di bawah BPP yang berada di Sibolga hendak  cepat dibenahi kembali dan juga agar guru-guru dapat dengan tenang menjalankan tugasnya. Serta bermohon kepada BPP untuk melakukan sosialisasi kepada gereja terkait informasi tentang apa itu BPP dan perannya di tengah jemaat dan masyarakat. 

 

Ibu Dr. Erika Pardede dalam kunjungannya sebagai pengurus baru BPP yang dilantik, hadir hanya sebagai pendengar akan permasalahan atau pergumulan sekolah yang disampaikan oleh guru-guru bukan untuk memberikan solusi  karena semuanya akan dilaporkan kepada pengurus BPP yang lain untuk ditindak lanjuti. 

 

Setelah pertemuan pengurus BPP, Kepala Departemen Diakonia melanjutkan pertemuan dengan pengurus Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Sibolga yang diketuai oleh Biv. Rosdiana Sibarani. Dalam pertemuan tersebut membahas pergumulan yang dihadapi RBM terkait pembangunan bangunan untuk tempat pendampingan bagi Disabilitas. Walau selama ini  telah memakai bagunan distrik. Harapan kedepan RBM Sibolga dapat mandiri baik secara pengelolahan dan pendanaan yang didukung penuh distrik.


 

Pdt. Debora Purada Sinaga, MTh dalam pertemuan tersebut menyampaikan pujian atas kinerja RBM yang selama ini dikelolah dengan baik dibawah kepemimpinan ketua RBM, Biv. Rosdiana Sibarani yang memiliki jejaring yang banyak dan memberikan hidupnya, didedikasikan penuh  untuk melakukan pendampingan kepada yang disabilitas.  Oleh karena itu, agar RBM tetap berjalan dengan baik, Kepala Departemen Diakonia menegaskan akan pentingnya pengkaderan pengurus melalui pelayan yang ditempatkan untuk  menindaklanjuti pelayanan RBM yang selama ini telah dilayani oleh Biv.Rosdiana Sibarani. 

Kunjungan Kepala Departemen Diakonia HKBP ke Distrik IX di tahun pemberdayaan 2021 berharap pelayanan diakonia yang berada di tingkat distrik dapat dipulihkan dan dibenahi serta ditingkatkan dengan semangat kebersamaan dan saling peduli. (DAT)





Pustaka Digital