PERESMIAN HKBP SOLA GRATIA KETAPANG DIHADIRI BUPATI DAN WAKIL BUPATI

Ketapang, Minggu, 3 Maret 2024

HKBP Ketapang resmi menjadi Huria na Gok yang dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab. Dalam peresmian ini didahului dengan pembukaan selubung plang papan nama HKBP Sola Gratia Ketapang, Penandatangan Prasasti dan pengguntingan pita dan memasuki gereja. Dalam ibadah liturgis dilayani Pdt Parinsan Simanungkalit, STh dan pembacaan sejarah berdirinya HKBP Sola Gratia Ketapang dibacakan oleh Pimpinan Jemaat Pdt Teguh AP Sinaga, STh. Dalam kotbahnya dari Mazmur 19:8-15 Praeses menekankan bahwa berdirinya HKBP Sola Gratia Ketapang bukti warga HKBP mencintai Firman Tuhan yang dijadikan pedoman dalam hidup, sumber pengajaran untuk membentuk anak-anak generasi penerus HKBP yang takut akan Tuhan.


Usai Ibadah Praeses, Pendeta Ressort, Panitia dan segenap warga HKBP Ketapang sambut Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Bapak Marthin Rantan, SH, M.Sos dan H. Farhan, SE, MSi hadiri Persemian menjadi Huria Na Gok (Mandiri). Segenap warga jemaat HKBP Ketapang mengapresiasi kehadiran Bupati dan Wakil Bupati dengan pengalungan kepada Bupati dan Wakil Bupati yang diiringi tortor tarian khas orang Batak dengan musik dan gondang Batak. 


Selanjutnya dalam acara peresmian Bupati dan Wakil Bupati bersama-sama menandatangani Prasasti Peresmian HKBP Sola Gratia Ketapang segenap warga menyanyikan lagu Indonesia raya dan diikuti dengan sambutan-sambutan. Praeses dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada perhatian dan kehadiran Bupati dan Wakil Bupati secara bersama-sama dalam peresmian ini. Bagi HKBP ini menunjukkan Bapak berdua sangat kompak, tim kerja yang solid dan benar-benar Bapak Rakyat yang merakyat. Kami segenap warga HKBP berdoa agar diberkati Tuhan dalam melaksanakan pembangunan daerah Kabupaten Ketapang. Praeses juga menyampaikan salam dari Ompui Ephorus HKBP yang sedang berada di Jerman menghadiri pelantikan seorang Pendeta HKBP menjadi Sekeretaris Jenderal United Evangelical Missi menjadi sejarah bagi HKBP dan UEM. dimana pendeta Batak memimpin lembaga sending yang dulu mengutus banyak missionaris Eropa melayani di Tanah Batak. Praeses juga menyampaikan pengembangan HKBP di Kalimantan Barat yang saat ini dipersiapkan menjadi Distrik baru di HKBP dengan 6 ressort dan 2 persiapan Ressort. Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati menjadi momen bersejarah bagi warga HKBP dan masyarakat Batak di Ketapang yang tidak akan pernah dilupakan oleh HKBP.  


Dalam sambuatannya Bupati Ketapang Bapak Marthin Rantan menyampaikan bahwa peran lembaga agama sangat penting dan strategis untuk pembangunan SDM masyarakat Ketapang dan setiap warga dapat berperan aktif untuk mendukung pembangunan Kabupaten Ketapang. Hal yang sangat membanggakan warga HKBP dalam sambutannya Bupati menyampaikan akan turut membantu HKBP Sola Gratia Ketapang dalam mengalokasikan Anggaran APBD 2024 sebesar Rp 500 Juta Ruapiah merespon permohonan Panitia yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang. Selain itu, Bupati menyampaikan kehadiran HKBP dimana warga jemaatnya adalah orang Batak menambah kekayaan budaya di Kabupaten Ketapang dan dapat diberdayakan dalam berbagai even dan pagelaran Buadaya di Kabupaten Ketapang.


Peresmian HKBP Sola Gratia Ketapang menjadi huria na gok (mandiri) tidak terlepas dari kerja keras Panitia yang diketuai oleh Andi Manalu br Simanjuntak dengan amang Bonar Simarmata br Sitinjak, MJ Samosir br Manalu dan S Ginting br Lubis beserta kerjasa sama yang kompak dari seluruh Parhalado dan jemaat HKBP Ketapang.


Peresmian Gereja HKBP Sola Gratia Ketapang merupakan hal bersejarah bagi HKBP dan secara khusus masyarakat Batak di Kalimantan Barat, Karena dalam waktu yang relatif singkat dari Pospel menjadi Huria Na Gok. Pospel Sola Gratia ini berdiri atas pelayanan dari Tim Sending HKBP Pontianak yang diketua St P Silalahi. Hal itu memenuhi tugas bersama HKBP se Wilayah Kalimantan Barat yang berkomitmen setiap Ressort bertanggung jawab untuk membuka pos pelayanan baru. Hal itu dilakukan untuk mensiasati effek pemindahan IKN ke Kalimantan Timur. Diperkirakan dampaknya adalah akan ada urban (perpindahan penduduk) yang besar ke seluruh propinsi se Kalimantan Raya. Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab pada Juni 2021 mengadakan pemetaan rencana dan pembukaan pos pelayanan baru di mana setiap kota kabupaten di Kalimantan Barat akan didirikan pospel. Puji Tuhan, maka dalam 3 tahun ini telah buka Pospel Sambas (2021) oleh Ressort Singkawang, Pospel Petra Eben Ezer Bukit Kelam (2022) dan Pospel Sola Fide Putusibau (2022) oleh Ressort Sintang, Pospel Sungai Dekan (2023) oleh Ressort Sanggau dan dalam waktu dekat akan ada pospel Bengkayang dan penjajakan lainnya Kayong Utara dan Kuching Malaysia yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Barat. 


Sejarah berdirinya HKBP Pospel Sola Gratia, ibadah pertama dipimpin oleh Pendeta Ressort Pdt Parinsan Simanungkalit pada bulan Minggu 25 September 2022 dan dilaksanakan Baptisan Kudus pertama dihadiri oleh warga Jemaat di Ketapang dan dibantu oleh St Tambunan salah seorang Sintua HKBP yang bertugas di Ketapang, didukung oleh Parhalado dan Punguan Ama HKBP Pontianak. Mengingat itu Tanggal 25 September inilah yang ditetapkan menjadi Hari berdirinya HKBP Sola Gratia Ketapang. 

Setelah adanya parminggu di Ketapang Tim Sending menyampaikan permohonan ke distrik agar pimpinan pusat berkenan mengutus pendeta ke Ketapang. Puji Tuhan atas perhatian ompui Ephorus untuk mengembangan HKBP di Kalimantan Barat pada Bulan Nopember 2022 mengutus Pdt Teguh AP Sinaga menjadi Pendeta di Ketapang dengan tugas mengorganisir dan melayani di Ketapang. Pelayanan di Ketapang terus meningkat dengan bertambahnya warga jemaat dan beberapa warga HKBP yang bekerja dan dipindah tugas di Ketapang. Dengan penuh semangat dan anugerah Tuhan, Pospel Ketapang membeli pertapakan Gereja dan membangun gereja hingga peresmian menjadi huria na Gok pada Minggu 3 Maret 2024 di Minggu Okuli.

Panitia mengucapkan terima kasih atas persembahan dan partisipasi warga HKBP dan warga Batak di Ketapang yang mendukung pendirian HKBP Sola Gratia Ketapang. 


Pontianak, Pdt Nekson M Simanjuntak

Pustaka Digital