"Ai gok di Ho do ale Jahowa hatimbulon dohot hagogoon dohot hamuliaon dohot hatongamon dohot pujipujian; gok di Ho tahe nang saluhut na di banua ginjang dohot na di tano on. Gok di Ho do ale Jahowa harajaon, jala dipatimbul Ho diriM di atas ni saluhut na marjujungan.

Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala."

1 Kronika 29 : 11

Ratusan Pemuda HKBP Distrik Medan Utara Ikuti PA Perdana


MARTUBUNG, MEDAN LABUHAN – hkbp.or.id – Ratusan Pemuda mengikuti Pendalaman Alkitab (PA) dan ibadah syukur awal tahun 2021 Persekutuan Naposobulung HKBP Distrik (PND) XXXI Medan Utara pada Minggu (7/3/2021) di HKBP Griya Martubung Resort Medan Martubung. Demikian informasi Praeses Pdt Suwandi Sinambela STh MPSi kepada tim dalam wawancara seluler. PA Perdana ini dilakukan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat supaya satu sama lain saling menjaga jarak. Antusiasme pemuda se distrik begitu luar biasa, kata praeses.

Kebersamaan sesama pemuda gereja harus terus dipupuk supaya roda pelayanan gereja tetap berjalan juga, ujar praeses. Namun, kegiatan demi kegiatan harus mengutamakan protokol kesehatan. ‘Ini masa pandemi, kita tidak boleh seolah meniadakan Covid-19 ini, dan kita juga tidak bisa hanya berdiam diri saja tanpa ada pelayanan,” tutur praeses. Lebih lanjut ia menerangkan, dengan menerapkan protokol kesehatan, itu sudah sangat membantu pergerakan pelayanan gereja.


Gedung gereja HKBP Griya Martubung begitu besar sehingga dapat menampung ratusan warga dengan tetap menjaga jarak. Pendeta HKBP Resort Medan Martubung Pdt Krimson Simamora STh, yang juga adalah Kepala Bidang Koinonia sebagai koordinator pelayanan setiap kategorial di tingkat distrik, memimpin ibadah syukuran itu dimulai pukul 16.00 WIB.

Praeses Pdt Suwandi Sinambela sebagai pengkhotbah mengutip Injil Matius 5: 13-14 sebagai dasar ibadah syukur tersebut. Ada tiga hal yang diberitakannya bagi PND Medan Utara. Pertama, pemuda harus menjadi garam di tengah-tengah kemajuan teknologi industri 4.0. Pemuda harus bisa menjadi pelopor bermedia sosial dengan baik dan positif, tanpa ujaran-ujaran kebencian, apalagi bahasa-bahasa yang bersifat provokatif. Kedua, dalam setiap tindakannya harus berlandaskan firman Tuhan, sebab firman itu yang menjaga mereka. Ketiga, terang dari Tuhan harus terus terpancarkan melalui pemuda.

Ketua dan sekretaris PND, Johanes Butarbutar dan Grace Damanik menyambut antusiasme pemuda distrik dengan sangat baik. Mereka berharap rasa persaudaraan dan kesatuan itu terus terpupuk. Seusai ibadah, kegiatan dilakukan dengan ice breaking dan kegiatan lainnya.

Penulis: Pdt Suwandi Sinambela STh MPSi, Pdt Daniel Manalu MSi Teol