"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Pelatihan Database HKBP di Distrik XVIII Jabartengdiy

Senin, (22/3/2021) Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST., menyampaikan kata sambutan melalui ruang virtual kepada seluruh peserta pelatihan Big Data HKBP di Distrik XVIII Jabartengdiy. Beliau menghadiri pertemuan virtual itu dari kantor Gereja HKBP Depok 1, Resort Depok, Distrik XXVIII Deboskab. Kondisi ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan teknologi informasi, kita bisa mengembangkan pelayanan ke arah yang lebih baik. Hadir dalam pelatihan tersebut Praeses Pdt. Pahala Sitorus dan 90 orang peserta lainnya yang terdiri dari  pendeta, majelis gereja, dan warga jemaat. Pelatihan ini difasilitasi oleh Balitbang HKBP dan dilakukan secara real time. Artinya para peserta dipandu langsung oleh tim Balitbang HKBP untuk melakukan aktivasi akun dan segera mengisi databasenya masing-masing. 


Sekjend HKBP menyambut baik pelatihan ini karena sesuai dengan amanat Sinode Godang, Rapat MPS, dan Renstra HKBP. Selain itu, dengan data yang lengkap, pelayanan dapat dilakukan dengan lebih akurat dan bertanggungjawab. "Data yang lengkap akan membuktikan bahwa HKBP bukan hanya besar dalam nama, namun juga dalam perbuatan yang ditunjukkan melalu data-data yang lengkap," tegas Sekjend.


Aplikasi database HKBP dapat diakses melalui komputer atau handphone, sehingga para majelis dan pelayan dapat dengan mudah memutakhirkan data masing-masing gereja. Sekjend juga mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas sebagai Sekjend HKBP, beliau memakai aplikasi database HKBP untuk melihat perkembangan jumlah seluruh jemaat HKBP dan memantau alur pemakaian keuangan Kantor Pusat hari demi hari, seperti yang biasa beliau lakukan dari handphone atau laptopnya.

Setelah memberikan sambutan, Sekjend HKBP menyemangati para peserta pelatihan supaya proaktif dalam mengisi dan memutakhirkan data gereja dalam aplikasi database HKBP. 

Korespondensi: Kantor Sekjend HKBP

 

Pustaka Digital