Renungan Harian HKBP | 28 Agustus 2023

Syalom, selamat pagi bapak/ibu, saudara/i yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus Marilah kita mempersiapkan diri untuk mendengarkan Firman Tuhan dengan bersaat teduh sejenak.


Doa Pembuka: Kita berdoa! Terima kasih Tuhan Yesus Kristus yang selalu menolong hidup kami saat ini kami mau mendengarkan firmanMu sebelum melakukan pekerjaan di tempat pelayanan kami masing-masing. Sertailah para pelayanMu juga jemaatMu yang bekerja dimanapun berada. Amin.


Bapak/ibu dan saudara/i yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus yang menjadi renungan pada pagi hari ini, Senin 28 Agustus 2023 tertulis dalam Amsal 14: 26, beginilah firman Tuhan: Dalam takut akan Tuhan ada ketentraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak anakNya.


Kitab Amsal dikenal sebagai kitab hikmat dan pengajaran juga didikan. Kata takut sering sekali menghantui pikiran manusia. Takut akan Tuhan menjadi penting dalam hidup kita karena tanpa Dia hidup kita tidak mempunyai arah (apa apa). Tanpa Dia pergumulan hidup akan menjadi kepahitan dan kesakitan yg menghempit dan menghancurkan kita, tetapi di dalam takut akan Tuhan, kita akan menikmati pemeliharaanNya itu, yang artinya juga menikmati kehidupan. Alangkah baiknya jika kita menaruh rasa takut akan Tuhan atau mungkin bahasa halusnya kita kagum kepada Tuhan, itu berarti kita tahu dan percaya bahwa Tuhan lebih besar dan lebih berkuasa atas diri kita. Rasa takut atau kagum itu merupakan sebuah pengakuan dari hati kita.


Rasa takut kita jika kita menaruh takut terhadap misalnya keuangan kita menipis, teman hidup, masa depan atau pekerjaan dan lain sebagainya. Itu menandakan kita berpikir kalau hal- hal tersebut lebih besar dan lebih kuat dari ketakutan kita dibandingkan Tuhan yang tinggal didalam hati kita. Namun sungguh tepat jika kita memberikan rasa takut kita kepada Tuhan karena, hanya Dia yg sanggup menjaga dan memelihara seluruh hidup kita. Dalam takut akan Tuhan ada ketentraman yang besar bahkan ada perlindungan bagi anak anakNya. Takut akan Tuhan bukan berarti kita takut menerima hukuman dari Tuhan, tetapi lebih kepada sikap hormat dan tunduk kepada Tuhan sebagai pemilik hidup kita bahkan sebagai penguasa langit dan bumi. Tuhan tidak pernah meninggalkan orang orang yang mencari Dia dan mau tunduk dan takut kepadaNya. Takut akan Tuhan membenci kejahatan. Takut akan Tuhan adalah mentaati firmanNya. Takut akan Tuhan berhubungan dengan ketaatan, kesetiaan dan hubungan yg baik antara manusia dan Tuhan.


Doa Penutup: Terima kasih Tuhan Yesus atas firmanMu ini yang sudah mengingatkan kami untuk takut akan Tuhan dan membenci kejahatan dan tetaplah kami ingatkan selalu akan kasih setiaMu yang selalu menyertai kami dan menjagai kami selalu. Takut akan Tuhan menjadi sumber kehidupan orang yang percaya kepadaMu dan Engkaulah Tuhan yang sanggup dan memelihara hidup kami. Engkaulah Tuhan yang kami percaya yg bisa mengangkat rasa ketakutan kami dan keresahan. Amin.

 

Anugrah Tuhan Yesus Kristus dan kasih setia dari Allah bapa serta persekutuan Roh Kudus kiranya menyertai kita sekalian. Amin.

Bvr.  Cleopatra  Sitorus- Melayani di Kantor biro Zending Siantar

Pustaka Digital