Renungan Harian HKBP | 5 Februari 2024

KEMBALILAH!


Syalom Bapak-Ibu dan Saudara-saudari yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, untuk mengawali aktifitas kita hari ini marilah kita mendengarkan Firman Tuhan. Marilah kita berdoa!

Doa Pembuka:Bapa kami yang di surga, kami bersyukur untuk berkat dan juga karunia yang telah Engkau berikan di dalam kehidupan kami. Di mana Kami boleh memulai hari ini dengan napas kehidupan dan Anugerah kesehatan yang dari padaMu. Bukakan hati dan pikiran kami agar kami boleh mendengar dan memahami Firman yang Engkau sampaikan di dalam kehidupan kami ini. Dalam Kristus Yesus kami berdoa. Amin.

            Saudara-saudari yang terkasih di dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, sesuai dengan ayat harian yang ditulis dalam Almanak HBKP, Renungan kita pagi ini ditetapkan dalam  Zakharia 1 : 3. Beginilah Firman Tuhan,

Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Aku pun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam.

Demikianlah Firman Tuhan.

            Bapak-ibu dan saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, Firman Tuhan pagi hari ini merupakan bagian awal dari seruan pertobatan yang dikumandangkan Zakharia kepada orang-orang Yahudi yang sudah keluar dari pembuangan Babel, setelah lebih kurang dua puluh tahun lamanya.

            Sebelumnya para nabi telah menjanjikan pemulihan bagi bangsa Israel (Zef. 3 : 20). Namun, kenyataannya mereka yang kembali dari pembuangan tidak memenuhi harapan tersebut. Upaya mereka untuk membangun kembali kota Yerusalem, bait suci, dan kehidupan spritual mengalami banyak kegagalan. Dalam situasi seperti ini, nabi Zakharia menyerukan kepada umat manusia untuk kembali kepada Tuhan.

Kembalilah kepada-Ku” Firman Tuhan yang disampaikan melalui Zakharia di awal ini menekankan bahwasanya ada perbuatan jahat, perbuatan yang tidak berkenan di mata Tuhan, yang kerap dilakukan oleh bangsa Israel. Bangsa Israel hidup dengan tidak menjaga kesetiaan mereka akan perintah Tuhan. Seruan Firman Tuhan yang disampaikan Zakharia mengingatkan umat Tuhan yang mendengarnya untuk tidak meneruskan apa yang telah dilakukan oleh nenek moyang mereka dan tetap mengejar kesetiaan perjanjian serta mengarahkan pandangan mereka pada penyempurnaan pemulihan Bait Suci.

maka Aku pun akan kembali kepadamu” dengan mengejar kesetiaan perjanjian dan hidup dengan mengarahkan pandangan pada penyempurnaan pemulihan Bait Suci, maka Tuhan pun akan kembali memberkati bangsaNya. Tuhan akan kembali memimpin bangsa Israel untuk memulihkan mereka.

            Lalu, apa yang bisa kita jadikan renungan bagi kita pagi hari ini ?

            Bapak-Ibu dan saudara-saudari yang dikasihi Tuhan, kerap kali kita terlena dengan suasana kehidupan yang kita jalani. Tidak jarang pula kita tergoda oleh kemewahan, rupa, kuasa, dan hal baru yang tentunya membuat kita tertarik. Bahkan, kerap terperangkap dan sudah terlanjur menikmati kehidupan tersebut. Kehidupan yang justru menjauhkan kita dari Tuhan Yesus Kristus. Firman Tuhan pagi ini mengingatkan kita untuk sadar dari godaan-godaan kehidupan dan kembali kepada kehidupan yang setia pada perintah Tuhan Yesus Kristus. Seperti yang tertulis dalam Yakobus 4:8  “Mendekatlah kepada Allah, maka Dia akan mendekat kepadamu”. Kiranya Tuhan Yesus Kristus senantiasa menguatkan kita untuk melakukan FirmanNya, Amin.

Doa Penutup: Ya Allah Tuhan kami yang bertahta di Surga. Kami bersyukur untuk semua anugerah yang telah Engkau berikan di dalam kehidupan kami. FirmanMu mengingatkan kami untuk menjadi pelaku FirmanMu. Kuatkan dan teguhkanlah hati kami ya Tuhan agar kami boleh mengaplikasikannya didalam kehidupan kami, sehingga semakin menjadi makna, bermakna bagi kemuliaan namaMu, semakin banyak orang yang percaya akan kasihMu. Syukur bagiMu Tuhan, di dalam Kristus Yesus kami berdoa. A m i n.

Kasih Karunia dari Tuhan kita Yesus Kristus, anugerah dari Allah Bapa, dan persekutuan Roh Kudus. Kiranya menyertai kita. Amin.


C.Pdt. Lamhot D.L Sitompul, S.Th- LPP I di Biro Ibadah Musik HKBP

Pustaka Digital