"Alai marhuaso do Debata mangusehon saluhut asiasi tu hamu, asa sandok tuk situtu di hamu jala marlobilobi hamu laho patupahon saluhut ulaon na denggan.

Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan."

2 Korint 9:8

Sinode Distrik XX Kepri Bahas Tahun Kesehatian HKBP

Praeses HKBP Distrik XX Kepulauan Riau, Pdt. Renova Johnny Sitorus memimpin pelaksanaan Sinode Distrik XX Kepulauan Riau yang dilaksanakan di HKBP Estomihi Bengkong Batam, Senin (22/11/2021).

Sinode Distrik dilaksanakan selama satu hari, dengan agenda pembahasan sebagai berikut: Orientasi Program Kerja Tahun 2022 Tahun Kesehatian ditingkat Distrik, Resort, Huria, dan Pos Pelayanan, keseragaman pelayanan, keputusan Rapat Pendeta HKBP Distrik XX Kepulauan Riau, serta anggaran di tahun 2022.



Sinode dibuka dengan ibadah yang dilayankan oleh Pdt. Jones Simamora sebagai Liturgis dan Pdt. Mahanan Tampubolon sebagai penyampai renungan. Pdt. Tampubolon mengajak peserta sinode untuk meyakini bahwa pelayanan yang dibangun dari prinsip kesehatian akan membuahkan hasil yang manis (Filipi 2:2). Pada akhir kegiatan, ibadah penutupan dilayankan oleh Pdt. Marudut Simanjuntak dan Pdt. Pargaulan Marpaung.

Ketua Panitia Sinode, St. Ridwan Hutagalung mengawali laporannya dengan menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan atas pelaksanaan sinode dan menyampaikan salam kepada peserta yang hadir mencapai 90% dari yang diharapkan (71 perserta). Di akhir sambutan, St. Ridwan menyampaikan terima kasih atas kerja tim panitia sinode.



Peserta sinode terkesan dengan pelayanan panitia yang melayani dengan baik, secara khusus buat parhalado dan jemaat HKBP Estomihi Bengkong yang menyambut hangat para peserta sinode, berkat arahan dan bimbingan Pdt. Paminta Simarmata (Pendeta Resort).

Perserta sinode mengucapkan terima kasih kepada jemaat dan parhalado yang diwakilkan oleh Praeses, atas dukungan penyelenggaraan Sinode Distrik dengan baik.

Praeses menutup pelaksanaan sinode dalam rasa syukur dan suka cita, dan menyampaikan akan membuat buku saku program, Standard Operation Procedure (SOP), hasil keputusan sinode, serta Tona Sinode Distrik kepada setiap jemaat untuk mendukung pelaksanaan tahun kesehatian HKBP di tahun 2022.



Adapun poin-poin penting Tona Sinode HKBP Distrik XX Kepri antara lain;
- Ucapan syukur kepada Tuhan buat Sinode HKBP Distrik XX Kepri yang dilaksanakan di Gereja HKBP Estomihi Bengkong, Senin 22 November 2021.
- Sinode HKBP Distrik XX Kepri diterangi tema “Sehati, Sepikir dalam Satu Kasiu, Satu Jiwa dan Satu Tujuan” (Filipi 2:2), dengan sub tema “Mewujudkan Kesehatian dan Kesetiakawanan Bagi Gereja, Masyarakat dan Bangsa”.
- Sinode Distrik dapat berjalan dengan baik meski di tengah-tengah situasi pandemi dan berdoa buat pelayanan supaya semakin baik.
- Berjalan dengan baik Tahun Pemberdayaan Distrik yang berpuncak pada acara Tahun Pemberdayaan Distrik, dilaksanakan di HKBP Lubuk Baja pada hari Minggu (14/11/2021).
- Keseragaman pelayanan di jemaat yang telah diputuskan di Rapat Pendeta Distrik.
- Telah ditentukan dan diputuskan Program Anggaran Distrik untuk Tahun 2022.
- Peran serta pelayan penuh waktu yang dipimpin Praeses Panumpahion pemerhati untuk mendukung Dana Pensiun HKBP.
- Di dalam doa menjelang Tahun Kesehatian Tahun 2022.

(P. Sam – B’TIK).

Pustaka Digital