"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

Sintua, Ujung Tombak Pelayanan Gereja

Baganbatu (26/5/2021). Dalam rangka Tahun Pemberdayaan HKBP 2021 HKBP Ressort Batu Mamak Distrik XXVI Labuhan Batu melaksanakan Pembekalan kepada Sintua dan Keluarga se HKBP Ressort Batu Mamak.

Dalam pembekalan ini melalui Pdt. Bernike Pardosi, S.Th mengundang Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt. Kardi Simanjuntak, S.Th, M.Min sebagai Narasumber.

Melalui ceramah yang disampaikan oleh Kadep Marturia HKBP tentang "Sintua dohot Ulaonna" dan "Ruhut Parmahanion dohot Paminsangon (RPP)" diikuti dengan serius oleh Sintua yang dibekali saat ini.

Sebelum materi disampaikan oleh Kadep Marturia, kegiatan ini diawali dengan ibadah singkat yang dipandu oleh Cln. Pdt. Adventry Pasaribu, S.Th sebagai Liturgist dan Khotbah disampaikan oleh Pdt. Bernike Pardosi, S.Th.

Dalam materi yang disampaikan oleh Kadep Marturia HKBP ditekankan bahwa sebagian, "besar wilayah pelayanan Sintua berada di Lingkungan/Wijk/Lunggu masing-masing sesuai dengan uraian tugas seorang Sintua. Sintualah yang paling dekat dan paling tau tentang keadaan jemaat pada masing-masing lingkungan yang akan disampaikan ke Gereja untuk memikirkan lanjutan dari pelayanan yang akan dilaksanakan. Itu sebabnya Sintualah menjadi ujung tombak pelayanan dari Gereja," ujar Kadep Marturia.

Dalam materi lanjutan tentang RPP HKBP, Kadep Marturia HKBP mengingatkan bahwa dalam pelaksanaanya hal yang pertama dan terutama lakukanlah dengan kasih sebagaimana yang ditekankan dalam RPP HKBP tersebut. Pelaksanaannya tidak boleh terburu-terburu, tidak boleh memaksakan kehendak agar dalam pelaksanaannya tidak menimbulkan masalah baru di tengah-tengah gereja. 

Seusai sesi dari Kadep Marturia HKBP, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Pdt. Dobes Manullang, S.Th Praeses HKBP Distrik XXVI Labuhan Batu yang menekankan peranan penting dari Keluarga dalam pelayanan seorang Sintua, sehingga seorang Sintua diharapkan melayani dengan sungguh di tengah gereja juga menjadi cerminan bagi warga jemaat dalam hidup berkeluarga. (KDM_erhs)