"Minggu Septuagesima
Topik: GABE SIULAHON HATA I (HIDUP BENAR SESUAI DENGAN HUKUM TUHAN)"

Ev: Jakobus 1 : 22-25/Ep: Jesaya 58 : 1-9a

Tuhan Perhatikan Hidup Orang Percaya-Pelayanan Ibadah Minggu Ompu i Ephorus di HKBP Parbubu


Minggu Reminiscere (28/2), Ompu i Ephorus HKBP: Pdt. Dr. Robinson Butarbutar melayani pemberitaan Firman Tuhan dalam kebaktian Minggu (10.30) di HKBP Parbubu Resort Parbubu Distrik II Silindung, yang berjarak 2,3 km dari Kantor Pusat HKBP, atau 600 meter dari Pemandian Air Soda. Jumlah anggota jemaat HKBP Parbubu ini: 123 KK, yang mayoritas bermata pencaharian bertani & bertenun.

Gereja ini dilayani oleh 5 orang Penatua, bersama Pdt. Janiaty Pancawati Simanjunyak, S.Th & Cln. Gr. Leonardo Saragi, S.Pd.K. Firman Tuhan pada Minggu Reminiscere ini tertulis di Roma 4: 13-25, dengan topik Minggu "Ditatap Debata do Ngolu ni na Porsea".

Dunia saat ini sedang menghadapi pandemik, dan pergumulan lainnya. Pertanyaan yang harus dijawab dan direnungkan: "apakah kita masih percaya bahwa Tuhan masih menyertai kita?"


Sejak dulu, dunia ini telah mengalami dan menghadapi berbagai macam pergumulan, seperti peperangan, kelaparan, penyakit dan seterusnya. Akan tetapi, di zaman sekarang ini, manusia semakin sulit percaya kepada Tuhan.

Di zaman Paulus, ada dua pendapat umum:

1) Bila melakukan taurat, orang dibenarkan dan diselamatkan.

2) Manusia tidak dibenarkan karena melakukan taurat, tapi hanya karena kasih karunia Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus dan Penyertaan Roh-Nya yang Kudus.

Berefleksi Dari Roma 4: 13-25: pertanyaan yang mendasar bagi jemaat masa kini: "apakah jemaat HKBP masih beriman teguh kepada Tuhan, atau sudah bergeser?" Dalam sejarah perjalanan HKBP, bukan karena kehebatan dan kekuatan pelayan dan anggota jemaat, sehingga HKBP masih ada; tapi hanya karena Allah menyertai dan mengasihi gereja-Nya HKBP. Ephorus HKBP mengajak jemaat HKBP Parbubu memproklamirkan:"Tuhan masih melihat dan menyertaiku. Maka aku akan tetap andalkan Tuhan, dan tetap setia, beriman hanya kepada Tuhan. (SKE_JFS)