Virtual Account HKBP, Transformasi Penatalayanan HKBP Distrik Samosir


Pangururan (1/5/2021), Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan kembali memberikan pemberdayaan kepada para majelis gereja perihal Pengelolaan Keuangan dan Penatalayanan HKBP. Kegiatan permberdayaan kali ini diadakan di HKBP Pangururan Distrik VII Samosir yang dipimpin oleh Praeses Pdt. Rein Justin Gultom.


Sebelum memulai kegiatan pemberdayaan, seluruh peserta beribadah yang dipimpin oleh Pdt. Berman Sianturi sebagai Liturgis dan Pdt. Rein Justin Gultom sebagai Pengkhotbah.


Dalam paparannya, Pdt. Tinambunan menyoroti proses transformasi yang sejajar dengan proses metamorfosis kupu-kupu. Institusi HKBP tetap menjadi HKBP tetapi pelayanannyalah yang bertransformasi menjadi lebih baik, huminsadumenggan. “Gereja harus bermetamorfosa (bertransformasi) seperti kupu-kupu, dari kepompong menjadi keindahan. HKBP juga demikian,” papar Pdt. Tinambunan.


Dalam paparannya, Pdt. Tinambunan juga menyoroti motivasi teologis warga jemaat dalam memberikan persembahan. Beliau menerangkan, persembahan adalah “karena,” bukan “supaya.” Artinya, memaknai pemberian persembahan adalah karena kita telah menerima berkat-Nya, bukan memberi persembahan supaya menerima berkat.


Tidak lupa, dalam kegiatan ini Pdt. Tinambunan juga menunjukkan cara pemantauan keuangan secara online melalui sistem yang sudah disediakan oleh bank terkait. “Dengan adanya sistem pemantauan keuangan dan Virtual Account HKBP, pengelolaan keuangan HKBP saat ini sudah menuju tercapainya pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan. Sekarang bagaimana kita meningkatkan rasa saling percaya setiap warga jemaat, huria, ressort, dan distrik serta pusat agar tercapai pengelolaan keuangan yang terpercaya,” tutup Pdt. Tinambunan.


Di akhir acara Pdt. Tinambunan menyerahkan Piagam Penghargaan kepada HKBP Ressort Ambarita sebagai huria yang baik, na huminsa dalam mengirimkan Pelean II/Namarboho ke Kantor Pusat HKBP pada tahun 2020.


Korespondensi: Kantor Sekjend HKBP




Pustaka Digital