"Minggu Septuagesima
Topik: GABE SIULAHON HATA I (HIDUP BENAR SESUAI DENGAN HUKUM TUHAN)"

Ev: Jakobus 1 : 22-25/Ep: Jesaya 58 : 1-9a

100 Tahun Jubileum, HKBP Nagojor Dirikan “Tugu Na Mangolu”


Nagojor, HKBP.or.id – Setelah sempat tertunda setahun, Perayaan Jubileum 100 Tahun HKBP Nagojor Ressort Nagojor Distrik 24 Tanah Jawa akhirnya dilaksanakan pada 6 Juni 2021 dengan penuh sukacita. Warga jemaat menyambut kedatangan Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, di tempat yang penuh memori bagi Ephorus. Di Desa Nagojor-lah, Ephorus turut bertani di masa remaja, membantu ayah dan ibunya. Desa ini berjarak tiga kilometer dari tempat kelahiran dan bertumbuhnya, yaitu Bah Jambi. yang setiap hari ditempuh dengan sepeda tanpa rem kala itu.

Gereja yang berdiri pada 6 Juni 1920 ini pun mensyukuri penyertaan Tuhan selama 100 tahun Injil Kerajaan Allah di desa Nagojor, dengan membangun “tugu na mangolu:”(B. Indonesia: monumen hidup) yaitu Sekolah TK Talita Kum Karunia Nagojor. Warga jemaat merasa bahwa pendidikan adalah yang terpenting bagi generasi muda di desa Nagojor dan dapat mengangkat kehidupan warga ke depannya.

Ephorus mengapresiasi pembangunan TK tersebut dan menyatakan, “Pendidikan haruslah menjadi perhatian khusus setiap warga jemaat. Agar anak-anak Nagojor semakin terdidik. Dan HKBP Nagojor telah melakukannya.”


Sementara itu dalam khotbah yang dilayankan oleh Ephorus pada Minggu Jubileum 100 Tahun HKBP Nagojor, yang tertulis dalam Markus 3:20-35. Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengajak setiap orang percaya menghindari perbuatan yang membawa kepada dosa menghujat Roh Kudus, karena itulah dosa yang tidak terampuni.  

"Kalau pun kita harus menyatakan atau menuliskan sesuatu tentang orang lain, hendaklah itu kita lakukan berdasarkan kebenaran dan didorong oleh kasih persaudaraan bagi sesama. Hiduplah dalam kebenaran sebagaimana yang diajarkan Roh Kudus kepada kita", tegas Ephorus dalam refleksi khotbahnya. 


Perayaan 100 Tahun HKBP Nagojor  dilayani oleh Pdt. Gading Simamora, Praeses HKBP Distrik XXIV Tanah Jawa, Pdt. Lerik Jhon Panjaitan, Pendeta HKBP Ressort Nagojor, beserta beberapa pelayan penuh waktu. (SKE_JFS)