"Dungi ninna Jahowa ma: “Ingkon bohingKu donganmu mardalan, asa Hutogihon ho tu hasonangan.”

Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”"

Musa 33 : 14

DIKLAT PARIWISATA HKBP: ENTREPRENEURSHIP TOURISM

Pada hari Senin-Selasa, 29-30 Agustus 2022 HKBP melalui Departemen Koinonia – Biro Pembinaan bekerja sama dengan Transformation Connection Indonesia (TCI), PPMT GKY, dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) melaksanakan kegiatan Diklat Pariwisata HKBP: Entrepreneurship Tourism yang merupakan lanjutan dari Diklat Kepariwisataan di bulan April yang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Pearaja-Tarutung. Peserta yang menghadiri kegiatan ini sebanyak 25 orang yang berasal dari dua distrik HKBP yaitu Distrik II Silindung dan Distrik VII Samosir. Tarutung (30 Agustus 2022) 


Sebagian besar dari peserta yang mengikuti kegiatan ini memiliki usaha pariwisata yang sudah berjalan dalam bentuk usaha kuliner, penginapan, maupun usaha souvenir. Kegiatan ini dibuka dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Mika Purba, S.Th (Kepala Biro Oikumene) dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Dedi Siregar yang mewakili BPODT , Bapak Pdt. Hari Sudjatmiko yang mewakili PPMT GKY, dan Bapak Pdt. Dr. Enig Sonatha Aritonang yang mewakili Pimpinan HKBP. Selanjutnya, yang menjadi pembicara di dalam kegiatan ini adalah Ibu Justina Puspawati yang merupakan seorang ahli di bidang pariwisata karena memiliki berbagai pengalaman di bidang pariwisata dan saat ini berdomisili di Bali.


Kegiatan ini dimulai dengan Sesi 1 yang memiliki topik “Pengenalan Layanan Tour and Travel”. Kemudian di Sesi 2 dan 3, Narasumber menyampaikan potensi dari wilayah Superprioritas Danau Toba dan peran HKBP serta warga sekitar Danau Toba untuk mengusahakan anugerah yang telah diberikan kepada mereka yang dalam hal ini adalah peserta. Peserta juga diajak untuk berdiskusi serta memberikan usulan program tur yang dapat mereka tawarkan. Kegiatan hari yang pertama ditutup dengan ibadah malam yang dipimpin oleh Pdt. Riyan Anggis Ritonga, S.Th. 



Di hari kedua, kegiatan dibuka dengan ibadah pagi yang dipimpin oleh Pdt. Lawrence Nadapdap, S.Si. Lalu dilanjutkan dengan Sesi 4 yang disampaikan oleh Ibu Justina Puspawati berkolaborasi dengan Bapak Benny Fonda yang juga ahli di bidang tourism entrepreneur dan Bapak Mahendra Sitepu yang merupakan developer dari HKBPmart.



Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan review dan penyatuan misi yang disampaikan oleh Narasumber, perwakilan dari setiap penyelenggara, dan perwakilan dari peserta. Sehingga, buah dari diklat ini adalah terbangunnya kerja sama yang baik dari berbagai pihak yang sudah ikut berpartisipasi di dalam diklat ini. Kegiatan ini ditutup dengan ibadah penutupan yang dipimpin oleh Pdt. Dedy Ritonga, S.Th. Sampai bertemu kembali di Diklat Pariwisata HKBP selanjutnya. (BTIK)

Pustaka Digital