HKBP Bantu Korban Banjir Bandang Parapat



Jumat, (14/5/2021) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ulurkan bantuan kepada 50 Kepala Keluarga (KK) korban banjir bandang di Parapat, Kab. Simalungun, Prov. Sumatera Utara yang diwakilkan oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, MTh. Didampingi Pendeta Resort HKBP Parapat, Pdt. Parinsan Simanungkali, Kepala Biro Charitas Emergency, Pdt. Osten Matondang dan Pimpinan Panti Karya Hephata, Pdt. Binsar Nababan, dan kepala desa Sualan Nagori Sibaganding, Kec. Girsang Sipangan Bolon,  Martno Bakara. 

Bencana banjir bandang terjadi pada 13 Mei 2021 sekitar pukul 17:00 WIB di tiga titik lokasi. Titik pertama di samping gereja HKBP Pardomuan yang juga sudah beberapa kali terjadi sebelumnya dan jumlah korban terdampak 11 KK. Nama Keluarga jemaat HKBP Pardomuan yang korban bencana yaitu:

1. Biv. Romauli Sitorus

2. Bapak Joel Saing/Sitorus

3. Nai Paima br. Sinambela

4. Ibu Loise br. Simbolon

5. A. Mezya Sitorus/br. Siallagan

6. C.St. Dt. Sitanggang 

7. Op. Mangatas br. Nainggolan

8. Ibu Innka br. Sidabutar

9. Bapak Bintang Sinaga

10. Bapak Jeriko Bakkara

11. Bapak Andre Naibaho


Menurut keterangan  Bvr. Romauli Sitorus pimpinan HKBP Pardomuan, jemaatnya HKBP Pardomuan yang parah terdampak yaitu pemilik Warung Kopi Mak Bintang Sinaga  yang berada percis di bawah gereja. Luapan materil batu, lumpur, dan potongan kayu masuk ke rumah mereka. 

Upaya yang dilakukan oleh Gereja HKBP menghadapi banjir bandang yang sudah berulangkali dengan membangun gereja bertingkat dan membangun rumah dinas pelayan HKBP Pardomuan yang rusak berat  diterjang banjir bandang pada hari Rabu, 11 Juli 2020 sekitar pukul 20:00 WIB. Saat itu pimpinan jemaatnya Diak. Jelita Sinaga.

Atas hasil rapat jemaat dan pelayan pada tgl. 04 April 2021 memutuskan pembentukan panitia pembangunan yang diketuai oleh St. Paian Sinaga untuk membangun rumah dinas pelayan yang telah rata dengan tanah sewaktu banjir bandang melanda tahun 2020. Saat ini, panitia berusaha mencari dana lewat proposal yang disampaikan kepada donatur dan pemerhati Gereja HKBP Pardomuan. Isi proposal tersebut  membutuhkan  dana sebesar Rp 226.550.00,- . Setiap donatur yang tergerak dan peduli meringankan panitia, dapat mengirimkan bantuan lewat Rek Panitia: A.N Panitia Pemb HKBP Pardomuan, Bank Sumut: 22302040099183. 


Purnama Sinaga ( 50 thn) jemaat HKBP Pardomuan bercerita bahwa ia sudah lama 45 tahun di desa Sualan, Sibaganding, Kec. Girsang Sipangan Bolon dan sudah beberapa kali terjadi banjir bandang sehingga ketika hujan deras datang, Ibu tersebut merasa takut. 


Titik lokasi kedua di Sibaganding, dibawah Hotel Patra Jasa dan jumlah korban jemaat HKBP Sibaganding 11 KK, nama keluarga tersebut adalah:

1.Op.Leonardo Sinaga/br. Tambunan

2.Anderson Nainggolan

3.Berkat Sinaga/br. Nainggolan

4.Op.Sihol br. Sinaga

5.Op.Evelin br Sinaga

6.Pak Salus Situmorang/br. Sihombing

7.Manton Nainggolan

8.Op.Jonardo br.Nainggolan 

9.Op. si Kesy br.  Manik

10. Kefli Sinaga/br. Gultom

11.Op.Johannes Sinaga/br. Sinurat

Titik ketiga sekitar Kota Parapat. Data Jemaat HKBP Parapat yang terletak di Jl. Sisingamangaraja. , rumah yang rusak berat adalah milik .. : Kel. Op. Pangihutan br. Simanungkalit dan Kel. A. Rio Sinaga/br. Hutapea

Rumah keluarga masuk lumpur 7 KK:

1. Kel. A. Joni Sinaga

2. Kel. A. Ardiles Sinaga

3. Kel. St. R.M. Simbolon

4. Kel. Nai Martina br. Marbun

5. Kel. St. N.S Simbolon

6. Kel. A. Jovinka Tambunan

7. Kel. St. Pasindo Simorangkir 

Jemaat HKBP Parapat yang terletak, Jl. Sinaga jumlah korban bencana 10 Kk. Nama-nama korban  yaitu:

1. Kel. St. W. Tambunan

2. Kel. A. Mega Sinaga

3. Kel. Op. Debora br. Manurung

4. Kel. Simanjuntak

5. Kel. Hutajulu

6. Kel. A. Marsia Siahaan

7. Kel. Manurung

8. Kel. Sabam Sirait

9. Kel. Sidabutar/ br. Sihombing

10. Kel. St. T. br. Lubis

Departemen Diakonia HKBP melaksanakan doa bersama dan memberikan bantuan berupa bahan sembako berupa beras 500 kg, gula pasir 52 kg, minyak goreng 52 kg kepada seluruh korban bencana banjir bandang yang berada di ketiga titik lokasi banjir bandang.


Radio Suara Diakonia HKBP setia meliput kegiatan kunjungan dan memberikan bantuan yang diliput oleh Pdt. Saut. Nababan. 

Jika di telusuri Jalan lintas Parapat menuju Siantar rawan longsor dan kecelakaan. 

Kiranya Gereja, Masyarakat dan Pemerintah sigap menolong korban bencana alam dan cepat mengatasi Penanggulangan bencana lewat kesadaran menjaga kelestarian alam. (SKD -DAT)