"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Kepala Departemen Koinonia bersama team menjemaatkan Pengajaran (dogma) HKBP kepada Guru Sekolah Minggu HKBP Distrik XXIX Deli Serdang

Kegembiraan para peserta yang mengikuti pembinaan

Bertempat di tepi pantai pondok permai daerah Pantai Cermin Kabupaten serdang bedagai (26/7), Guru Sekolah Minggu (GSM) HKBP yang melayani di HKBP distrik XXIX Deli serdang bertemu dengan koordinir dari masing-masing Pendeta Resort serta di fasilitasi oleh Distrik yang dipimpin oleh Bapak Praeses HKBP Distrik Deli Serdang Pdt. Same Siahaan.

Sebanyak 138 orang Guru sekolah minggu yang berasal dari 13 Resort HKBP yang berada di distrik Deli Serdang hadir mengikuti kegiatan ini. Para Pendeta Resort beserta para Fulltimer yang melayani di distrik ini juga hadir guna meningkatkan pemahaman pengajaran kepada anak-anak Sekolah Minggu di HKBP.

Kadep Koinonia menerangkan pengajaran di Sekolah Minggu HKBP

Dalam meningkatkan Pemahaman akan HKBP pada diri GSM dalam pengajaran kepada Anak Sekolah Minggu HKBP, HKBP Distrik XXIX ini mengundang Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP (Pdt. Dr. Martongo Sitinjak) menyampaikan “marhobas di sekolah minggu HKBP”, kepala Biro SMIRNA (Pdt. Morhan Doloksaribu) menerangkan “kurikulum pengajaran dan Psikologi Anak Sekolah Minggu, KepalaBiro Pembinaan (Pdt. Darwin Sihombing) menyampaikan IbadahdanMusikGerejawimembangunSpiritualitasSekolahMinggu, Pdt. Boho Pardede menerangkan tentang Buku Ende Sekolah Minggu HKBP serat Bapak Praeses HKBP Distrik XXIX Deliserdang (Pdt. Same Siahaan) memberikan motivasi menjadi Guru Sekolah Minggu HKBP.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Praeses HKBP di dalam nama Allah Bapa, AnakNya Yesus Kristus dan Roh Kudus pada peribadahan pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Juares Pardede sebagai Pengkhotbah dan Pdt. Rita Sitanggang serta GSM dari Lubuk Pakam memimpin doa syafaat.


Kadep Koinonia HKBP menyampaikan sessi pertama yang dimoderatori oleh Pdt. Ryns Warjono Pasaribu menyampaikan kepada peserta mari bersama-sama meningkatkan Pelayanan kepada Anak Sekolah Minggu sesuai ajaran yang benar di HuriaNya HKBP.

Pdt. Dr. Martongo Sitinjak menekankan kepada para GSM agar lebih bertemu, bersentuh secara langsung kepada Anak sekolah minggu dan mencoba untuk lebih intim kepada mereka, sebab bukan pengajaran yang utama tetapi persiapan diri seorang GSM dalam menghadapi Anak Sekolah Minggu, sebab cinta kasih yang tulus dari kita akan mengubah anak-anak, terang bapak kadep.

Keaktif-an para GSM yang mengikuti serta rasa antusias untuk lebih memahami pengajaran HKBP kepada anak sekolah sangat terlihat dalam diri peserta. Rasa canda dan tawa juga terlihat dari mereka yang mengikutinya, berbaur dan berbagi pengalaman antar GSM di distrik ini juga terjalin. Mereka saling berbagi pengalaman dan mode dalam bermain kepada anak.

Rasa ingin membangun pengajaran yang sesuai dengan dogma HKBP serta menselaraskan dengan penerapan dalam hurianya juga semakin terbentuk dalam diri Peserta Pembinaan ini. Hal itu terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang ingin mengevaluasi pengajaran yang telah mereka laksanakan selama ini.

Kabiro Kategorial Sekolah Minggu, Remaja, dan Naposobulung HKBP Pdt Morhan Doloksaribu MTh

Pembinaan yang diselenggarakan ini sangatlah berguna/perlu bagi HKBP, terkhusus di distrik ini. Sebab melalui kegiatan ini para fulltimer terbantu untuk membangun para GSM mengenal dokumen HKBP yang harus mereka ajarkan kepada anak-anak sekolah minggu HKBP, himbau bapak Praeses HKBP Deliserdang.

Salah seorang GSM juga menuturkan kalau kegiatan ini membantu para Guru Sekolah minggu untuk memahami bentuk pengajaran yang harus mereka lakukan terlebih lagi lagu-lagu pujian yang harus lebih bijksana dalam pemilihan dan penempatannya dalam acara peribadahan.

Kiranya para GSM yang melayani di Distrik XXIX Deliserdang dapat lebih gigih dan siap untuk bersama-sama dengan anak Sekolah minggu mencintai Tuhan Yesus di HuriaNya HKBP, Tuhan Yesus mengasihimu, tutup Kadep Koinonia HKBP.

Rasa syukur dan terimakasih juga disampaikan para panitia dan GSM kepada Bapak Kadep Koinonia beserta team yang telah hadir dan bersama untuk kemajuan pelayanan Anak Sekolah Minggu melalui kegiatan yang berlangsung ini. (RH)


Tempat pembinaan Guru Sekolah Minggu HKBP Distrik XXIX Deliserdang tepat di bibir pantai Cermin Serdang bedagai


Kadep koinonia foto bersama dengan seluruh panitia dan peserta pembinaan GSM


Praeses HKBP Distrik XXIX Deliserdang Pdt Same Siahaan STh memotivasi para GSM

Ka.Biro SMIRNA menyampaikan Buku Ende Sekolah Minggu HKBP kepada seorang GSM agar dipergunakan dengan baik




Pustaka Digital