"Laos didok ma tu nasida: “Boasa songon i biar rohamuna? Dia do umbahen soada haporseaon di hamu?”

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?""

Markus 4:40

Konsultasi “Mengatasi tantangan ketidakadilan di Asia pada masa Covid -19.”

World Church of Council (WCC), Dewan Gereja se – Dunia bekerja sama dengan salah satu badan anggota gerejanya Christian Conference of Asia (CCA), Dewan Gereja se –Asia telah mengadakan Konsultasi dalam bentuk pertemuan virtual pada Jumat, 4 Juni 2021 pukul 13.00 – 15.00 WIB. Konsultasi tersebut mengangkat topik tentang:”Mengatasi ketidakadilan di Adia pada situasi Covid-19.”

Konsultasi ini dibuka dengan doa oleh Ruth Matthew dan selanjutnya Sektetaris Jenderal CCA sekaligus sebagai moderator dan Wakil  Sekretaris Jenderal bagian Marturia dan Diakonia WCC  menyambut semua peserta yang hadir secara online. Agenda selanjutnya adalah Sambutan dari President Asia WCC Pdt. Dr. Sang Chang dan Wakil Ketua Sekretaris Jenderal WCC Prof. Dr Isabel Apawo Phiri. Kemudian Pemaparan 4 orang Panelis yang mengangkat isu yang sangat menarik yaitu:

1.      Tantangan tentang pendistribusian dan keragu-raguan terhadap Vaksin di Asia, disampaikan oleh Dr. T. Jacob John dari india

2.   Isu tentang perempuan, anak perempuan yang berdasar pada kekerasan gender, disampaikan oleh Ms. Hanbeet Rhee dari Korea Selatan.

3.    Hak-hak pribumi dan masyarakat kesukuan; militarisasi dan otoritarium di Asia, disampaikan oleh Beverly Longid dari Filipina.

4.   Menghadapi tantangan mata pencaharian,  Kesehatan mental dan Pengangguran dari perspektif Pemuda oleh Pastor Rony John dari Gereje Ortodoks Mumbai, India.

 

Setelah pemaran materi keempat Panelis dilanjutkan dengan diskusi, dimana peserta menyampaikan pertanyaan ataupun masukan dengan cara menuliskan dan mengirimkan melalui ruang chatting online ke panitia pelaksana. Kemudian para Panelis memberikan jawaban masing-masing.

Sebelum konsulatasi berakhir, moderator merangkum seluruh materi dan diskusi yang telah disampaikan dengan memberikan beberapa pernyataan antara lain:

-          Mendengar, belajar, merefleksikan dan bersyukur akan apa yang kita kritisi tentang ketidakkadilan.

-          Kita harus saling mendukung satu dengan yang lain

-          Kita harus menyuarakan ketidakadilan di tengah masa pandemik

-          Kita harus berkolaborasi dengan rasa dan semangat kebersamaan.

-          Gereja-gereja di seluruh dunia bekerja sama dan bergandengan tangan untuk mengatasi ketidakadilan yang terjadi di masa pandemik ini.

Kiranya Tuhan memberkati gereja-gerejaNya di seluruh dunia ini. (DK/BO/SN)

 


Pustaka Digital