"Ai gok di Ho do ale Jahowa hatimbulon dohot hagogoon dohot hamuliaon dohot hatongamon dohot pujipujian; gok di Ho tahe nang saluhut na di banua ginjang dohot na di tano on. Gok di Ho do ale Jahowa harajaon, jala dipatimbul Ho diriM di atas ni saluhut na marjujungan.

Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala."

1 Kronika 29 : 11

Zoom Meeting Mitra Distrik Ludenschied-Plettenberg Jerman dengan HKBP Distrik XI Toba Hasundutan


Jumat, 4 Juni 2021, mulai pukul 3 sore waktu Jerman dan pukul 20.00 WIB telah dilaksanakan Zoom Meeting Distrik Ludenschied-Plettenberg Jerman dengan mitranya HKBP Distrik XI Toba Hasundutan. Pertemuan zoom ini dihadiri oleh kedua pihak yang bermitra antara lain, Ketua dan anggota Pengurus Mitra Distrik Ludenschied-Plettenberg Jerman dan Praeses bersama Badan Pengurus Mira (BPM) Distrik XI Toba Hasundutan dari kantor distrik Balige. Pada kesempatan ini, hadir juga Sekretaris Mitra HKBP, Pdt Sondang Napitupulu dari Kantor Pusat HKBP, Pearaja – Tarutung. 

Pertemuan ini dimulai dengan pembacaan nas dan doa pembuka oleh ketua BPM Distrik Ludenschied-Plettenberg, Pdt. Christop Diekel dan dilanjutkan dengan perkenalan bagi seluruh peserta yang hadir. Saling berbagi informasi di situasi terkini khususnya masa pandemik Covid 19 menjadi topik pertemuan tersebut.

Praeses Same Siahaan menyampaikan informasi situasi terkini di Distrik Toba Hasundutan dimana semakin meningkatnya kasus terpapar covid 19 sehingga pemerintah mengeluarkan surat untuk tidak memperbolehkan Kebaktian Minggu sampai pertengahan Juni 2021 yang akan datang, khususnya di Ressort Tampahan dan Meat dimana kasus terpapar teringgi. Beliau juga menambahkan bahwa sekolah-sekolah juga masih tutup dan belajar secara online dari rumah masing-masing. Namun, patut untuk di syukuri, pasar (onan) buka seperti biasanya dan juga para pekerja masih bekerja sebagaimana biasanya tentu dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Sekretaris BPM, Pdt Naomi Pasaribu dan Ketua John Piter Silalahi juga sharing informasi tentang program Mitra yang telah di laksanakan, terkait dengan bantuan solidaritas kemanusiaan dari Mitra Ludenschied yang telah di distribusikan dan sedang mempersiapkan program pelatihan dan pembedayaan pertanian dan peternakan Babi, dalam rangka meningkatkan perekononmian jemaat di Distrik Toba Hasudutan.

BPM Distrik Ludenschied – Plettenberg , Pdt. Christop Diekel dan Pdt. Martin Alhaus juga berbagi informasi situasi terkini di Jerman, dimana Pandemik Covid 19 masih sangat berdampak, khususnya pada pelayanan gereja. Ibadah Minggu masih sangat terbatas, pelayanan baptisan kudus dan pelayanan pernikahan kudus masih tidak di perbolehkan. Hanya pelayanan penguburan yang diperbolehkan dengan kehadiran tidak lebih dari 30 orang. Pelayanan Ibadah Minggu dilakukan secara online dan live streaming. Namun, Vaksinasi telah didistribukan hampir mencapai 60% jumlah penduduk Jerman. Jika vaksinasi semakin meningkat, maka angka kematian juga pasti akan menurun. Beberapa sekolah juga sudah mulai dibuka dan anak-anak sudah boleh kembali bersekolah. Ekonomi juga semakin membaik dibandingkan setahun yang lalu. Sisi lain dari Pandemik ini adalah memberi pelajaran yang baik bagi masyarakat Jerman untuk semakin meningkatkan solidaritas bagi kehidupan gereja. Pertemuan ini diakhiri dengan doa penutup oleh Praeses HKBP Distrik Toba Hasundutan. Kiranya Kemitraan ini tetap terjalin dalam kasih dan terang Kristus. (DK/Sekmit/SN).