"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

Paian Hot Sitanggang: Dari SMA Unggul Del ke SMA Kampus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar


Pematangsiantar (22/5/2021), Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen (UHKBPN) melantik Kepala Sekolah SMA Swasta Kampus UHKBPN Pematangsiantar yang bertempat di Ruang Menza yang dilaksanakan secara Semi Virtual. 



Pelantikan yang tersebut secara langsung dihadiri 60 orang dan turut hadir Anggota Pembina Yayasan juga sebagai unsur pimpinan HKBP yaitu Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt. Kardi Simanjuntak, S.Th, M.Min dan Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th.



Pelantikan ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Sunggul Pasaribu, M.PAK. Dalam kutipan khotbah disampaikan bahwa, "Pelantikan kepala sekolah saat ini merupakan suatu sejarah penting dalam perjalanan pendidikan di HKBP dan hadiah untuk kemajuan SMA Swasta Kampus Univ. HKBP Nommensen ini", ujar Pdt. Sunggul Pasaribu.


Setelah selesai ibadah, dilanjutkan dengan acara pelantikan yang didahului dengan upacara nasional. Pembacaan SK pemberhentian secara terhormat atas nama Wesli Hutasoit yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. Kepala Sekolah dan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Sekolah yang baru oleh Dr. Hilman Pardede, M.Pd selaku Sekretaris Pengurus Yayasan UHKBPN. Kemudian Ketua Pengurus Yayasan UHKBPN Dr. Ir. Budi Situmorang, MURP melantik Paian Hot Sitanggang, S.Pd, M.Si menjadi Kepala SMA Swasta Kampus UHKBPN Pematangsiantar periode 2021-2025 yang sebelumya telah melewati tahapan Fit and Proper Test di hadapan Pimpinan HKBP selaku Pembina Yayasan UHKBPN pada Jumat, 7 Mei 2021 yang lalu. 


Dari semua kata sambutan yang disampaikan oleh pengurus yayasan, perwakilan alumni, perwakilan guru, pengurus OSIS, perwakilan dinas pendidikan Provinsi Sumatera Utara, dan perwakilan anggota pembina terlihat suasana sukacita dan harapan untuk kemajuan SMA Swasta Kampus UHKBPN ini. Drs. Besly Hutasoit sebagai Plt. Kepala Sekolah sebelumnya dalam kata sambutannya menyampaikan siap mendukung kepala sekolah yang baru dan sebagai management leader.


Paian Hot Sitanggang dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan HKBP sebagai pembina dan Pengurus yang telah memberikan kepercayaan kepadanya. “Dorongan transformasi HKBP-lah yang mendorong saya untuk mencoba mengembangkan SMA Swasta Kampus UHKBPN ini. Saya akan belajar melihat keunikan apa yang dimiliki sekolah ini untuk dikembangkan”, ujar Paian Hot Sitanggang yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah SMA Unggul DEL bidang Akademik. Demikian juga kata sambutan yang mewakili Anggota Pembina yaitu Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST Sekretaris Jenderal HKBP, “Fakta historis, HKBP memiliki salah satu penopang yang kuat dalam pelayanannya yaitu pendidikan. Hal inilah yang dikenal luas sebagai citra HKBP yang melayani masyarakat melalui gereja. Hal inilah yang mau kita kembalikan agar pendidikan di HKBP menguat sebagaimana sebelumnya. Maka perlu ditingkatkan kualitas sumber dayanya, meningkatkan kualitas guru, dan mengembalikan kepercayaan masyarakat atas lembaga milik HKBP. Kita boleh melihat kebelakang melihat kekurangan yang telah terjadi, tetapi kita juga harus fokus melihat ke depan untuk bergerak bersama demi kemajuan pendidikan HKBP dan membenahi kekurangan di dalamnya. Menghindari korupsi dan berlaku jujur dalam setiap aras pelayanan agar melalui pendidikan HKBP nama Tuhan juga dimuliakan. Marilah bergerak bersama untuk menjadikan lembaga pendidikan HKBP yang membintang”, ujarnya.


Setelah selesai kata-kata sambutan, diakhiri oleh doa penutup yang dibawakan oleh Pdt. Sunggul Pasaribu, M.PAK. (SKD_MD)