"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Pemberdayaan Pelayan di HKBP Distrik XI Toba Hasundutan


Seusai ibadah pemberangkatan  ke pemakaman Pdt. Midian K.H. Sirait, M.Th, Jumat, (5/02/2021) di ruang konsistori HKBP Balige,  Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar bersama Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melakukan pemberdayaan bagi para pelayaan di HKBP Distrik XI Toba Hasundutan. Kegiatan ini dipandu oleh Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan, Pdt. Same Siahaan, STh,

Di awal kegiatan pemberdayaan ini,  Pdt. Dr. Deonal sinaga mengatakan  “di tengah padatnya pelayanan Ompu i Ephorus dan pimpinan HKBP akan memberi  waktunya  untuk  melakukan pemberdayaan bagi para pelayan HKBP di pertemuan-pertemuan pelayan, yang pada saat itu pimpinan HKBP hadir.

Di sesi ephorus, Ompu i mengatakan “pelayan harus menyadari dirinya adalah pemimpin. Pemimpin di huria, pemimpin di resort dan di unit-unit pelayanan lain, seperti pos-pos pekabaran Injil (zending). Di tahun pemberdayaan ini, HKBP akan meningkatkan pelatihan-pelatihan bagi pelayan berdasarkan strategi dan misi, agar dapat memberdayakan masyarakat. Secara khusus para pelayan HKBP di seputaran Danau Toba ikut berperan mempersiapkan warga jemaat  dan masyarakat untuk menumbuhkan ekosistem keparawisataan yang baik. Sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah bahwa Danau Toba menjadi Destinasi Wisata Internasional.”

Selanjutnya Ompu i Ephorus menerangkan bahwa pemberdayaan bukan hanya kepada  pelayan tetapi kepada seluruh warga jemaat, termasuk kepada kategorial remaja dan pemuda, di tingkat huria, resort, dan distrik. Bukan hanya di tahun ini saja pemberdayaan ini dilakukan, tetapi harus berkelanjutan.


Di kesempatan ini, Ephorus juga menyampaikan kabar baik pada para pelayan yang hadir bahwa  cukup  banyak warga jemaat yang memberi respon positif atas pergumulan HKBP tentang Dana Pensiun. Bulan ini, HKBP telah menyetorkan 3,3 milyard rupiah ke Dana Pensiun HKBP. Demikian juga para pelayan HKBP telah memiliki niat baik untuk membayarkan iurannya ke Dana Pensiun HKBP.  Kemudian Ephorus menginformasikan perhatian utama HKBP dalam mewujudkan sentralisasi balanjo (penggajian) pelayan HKBP.

Sebelum pemberdayaan ini  diakhiri, mewakili pelayan HKBP Distrik XI Toba Hasundutan, Pendeta HKBP Resort Balige, Pdt. Anthoni Manurung, STh  mengucapkan terima kasih kepada Ompu i Ephorus dan Kepala Departemen Koinonia. Kemudian pemberdayaan ini ditutup oleh Ompu i Ephorus dengan doa. (FMSS)