"Tarehon hamu ma pinggolmuna, jala ro ma hamu tu Ahu! Tangihon hamu ma, asa mangolu tondimuna i! Jadi bahenonHu ma tu hamu padan salelenglelengna: I ma padan parasian na sintong i tu si David na so tupa muba.

Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud."

Jesaya 55 : 3

Rapat Pengurus Oikumene Anggota Dewan Gereja se-Dunia (WCC)


WCC (World Council of Churches) atau Dewan Gereja-Gereja Sedunia mengadakan Pertemuan via Meeting Zoom dengan mengundang Ecumenical Officer dari masing-masing anggota WCC tersebut. Pertemuan diadakan pada Selasa, 20 April 2021 pukul 08.00-10.00 waktu Geneva atau pukul 13.00 – 15.00 WIB yang dihadiri oleh Pimpinan dan pengurus Gereja mewakili HKBP, Kabiro Oikumene Pdt . Sondang Napitupulu dan Pdt. Dr. Binsar Pakpahan, GMIH Halmahera, GKS Sumba, GKI Tanah Papua, Gereja Methodist India, Gereja Baptis Bangladesh, Gereja New Zeland, Persekutuan Gereja Australia, Gereja Korea, CCA dan staff WCC di Geneva. Pertemuan tersebut di pimpin oleh Rev. Dr. Benjamin Simon sebagai Program Eksekutif untuk hubungan antar Gereja di WCC. Yang menjadi agenda dari Pertemuan tersebut adalah Sambutan dari Dr. Benjamin, Doa Pembuka, Perkenalan, Laporan dari Staff WCC, Persiapan Sidang Raya WCC tahun 2022 yad, Sharing tentang situasi gereja masing-masing, informasi langkah selanjutnya dan diakhiri dengan Doa Penutup.

Dalam pertemuan tersebut, Kabiro Oikumene menyampaikan salam dari Pimpinan HKBP dan juga sharing tentang Seleksi Delegasi Pemuda dan Perempuan HKBP yang telah dilaksanakan Maret 2021 yang lalu, dan yang telah lulus mereka menjadi Delegasi HKBP mengikuti Sidang Raya WCC tahun 2022 yad. Ini adalah satu model yang baru, dimana Seleksi dilakukan secara terbuka, dan diikuti oleh kandidat pemuda dan perempuan seluruh distrik di HKBP dengan tahapan seleksi yang cukup ketat dan adil. HKBP mempersiapkan delegasinya dengan baik agar dapat menjadi delegasi yang berkompeten dan bertanggungjawab. Ephorus HKBP juga telah mengirimkan secara resmi nama delegasi HKBP ke Panitia Sidang Raya WCC. Dan juga telah mengutus seorang Pendeta HKBP untuk mengikuti kegiatan Kursus Oikumene secara Online di Bossey Institute. Peserta yang hadir dalam Pertemuan tersebut mengapresiasi model yang dilakukan oleh HKBP. Pdt Dr Binsar Pakpahan juga menambahkan informasi situasi yang sedang dihadapi oleh HKBP ditengah masa pandemik ini.


Para Peserta saling sharing informasi, saling mendengar satu dengan yang lain, sehingga masing-masing peserta diperkaya dengan informasi secara global tentang perkembangan situasi gereja-gereja di seluruh dunia. Kita berharap dan mendokan kiranya program WCC khususnya Sidang Raya akan dapat dilaksanakan tahun depan yang seyogianya dilaksanakan tahun 2021 ini. Tuhan Memberkati Gereja-GerejaNya di seluruh dunia ini. (DK/BO/SN)