Renungan Harian HKBP | 10 Februari 2024

Horas! Syalom!

Amang, inang, serta saudara/i ku, selamat hari Sabtu dan selamat berakhir pekan, sebelum kita menjalani hari ini, mari kita berdoa!

 

Doa Pembuka: Ya Tuhan Allah kami bersyukur buat perlindungan dan penyertaanMu di dalam hidup kami. Sebelum kami menjalani hari ini kami hendak mendengarkan firmanMu. Berkatilah kami ya Tuhan, karena kami siap untuk mendengar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

 

Firman Tuhan yang menyapa kita di hari ini yang tertulis dalam Mazmur 33 ayat 21. Beginilah Firman Tuhan:

 

Ya, karena Dia hati kita bersukacita, sebab kepada nama-Nya yang kudus kita percaya.

 

Amang, inang, dan saudara/i yang terkasih, ada banyak hal yang mungkin bisa membuat kita bersukacita di dalam hidup ini. Ada yang bersukacita ia baru saja membeli barang baru. Ada mungkin yang bersukacita karena ia memiliki jabatan yang tinggi. Dan masih banyak lagi ragam hal yang mungkin dapat membuat kita menjadi bersukacita. Meski begitu yang dapat kita maknai bersama, sesungguhnya sukacita yang demikian seringkali temporal dan bersifat situasional, sehingga kurang tepat bilamana kita mendasari sukacita kita kepada hal-hal yang demikian.

 

Firman Tuhan pada hari ini justru memperlihatkan dan mengajak kita kepada sukacita yang lebih dalam, dimana kita bersukacita karena Tuhan. Pertanyaannya adalah bagaimana kita dapat bersukacita karena Tuhan? Kita dapat bersukacita karena Tuhan karena kita percaya kepadaNya. Yang dimaksud percaya di sini adalah kita menggantungkan seluruh kehidupan kita kepada Tuhan. Inilah yang kita dapat lihat pada ayat-ayat sebelumnya bahwa bukan kuasa yang dapat menyelamatkan raja (ay 16), bukan kekuatan pahlawan yang dapat memberi pertolongan (ay 16), juga bukan dengan mengandalkan kuda untuk mencapai kemenangan (ay 17). Karena kita tidak akan menemukan sukacita yang sejati dengan percaya kepada hal-hal tersebut.

Amang, inang, dan saudara/i terkasih, dalam kehidupan ini mungkin banyak tawaran-tawaran yang dapat diberikan dunia agar supaya kita bersukacita dan merasa aman dalam kehidupan kita, baik itu harta, jabatan, kekuasaan, dll, namun pada hari Sabtu ini Firman Tuhan hendak mengingatkan kita bahwa sukacita orang percaya adalah dengan percaya dan bergantung kepada Tuhan, karena Ia adalah sumber pertolongan kita. Oleh karena itu, marilah Amang, inang, dan saudara/i ku kita menjalani hari ini dengan bersukacita sebab kita percaya dan mengandalkan Tuhan dalam kehidupan di hari ini. Amin.

 

Doa Penutup: Kita berdoa, terima kasih Tuhan untuk firmanMu yang menyapa kami di hari. Kami bersyukur karena Engkaulah ya Tuhan yang selalu menolong, memampukan, serta menguatkan kami di sepanjang kehidupan kami. Oleh karena itu selalu ingatkanlah kami untuk mengandalkan Engkau di dalam kehidupan kami setiap hari. Khususnya pada hari ini kami hendak menjalani beragam aktivitas kami di hari ini. Kiranya Engkaulah Tuhan yang selalu menjadi pertolongan kami di sepanjang hari ini. Di dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.


Pdt. Daniel Lumban Gaol, S.Th- Melayani di Biro Hukum HKBP