"Alai didok ma tu ibana: Dipalua haporseaonmi do ho, inang! Mardame ma ho laho! Sai malua ma ho sian parniaeanmi!

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!""

Markus 5 : 34

SANDIAGA UNO MINTA MAKAM NOMMENSEN JADI DESTINASI WISATA RELIGI

Kamis, 10 Juni 2021 | 11.00 – 12.00

___


Sigumpar, HKBP.or.id – Didampingi Ephorus HKBP, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ziarah ke Makam I.L. Nommensen yang terletak di Sigumpar, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

“Pdt. Dr. I.L. Nommensen ialah tokoh yang penuh kasih. Dedikasi dan totalitas pelayanannya di tanah Batak patut diteladani. Sungguh, beliau adalah Rasulnya Orang Batak,” sebut menteri yang akrab disapa dengan nama Sandiaga Uno ini.


Terharu dengan situs sejarah yang bisa dimaksimalkan menjadi destinasi wisata religi ini, Sandiaga Uno tegaskan perlunya CHSE di Makam Nommensen. Program yang andalan Kemenparekraf itu terdiri dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan)

“Atas nama seluruh warga jemaat HKBP yang ada di seluruh penjuru Nusantara, bahkan di beberapa negara di luar negeri sangat bersukacita atas kunjungan yang momental ini. Bapak telah menyentuh hati kami. Sebab hari ini Bapak telah datang pusat jantung hati kami, Makam I.L. Nommensen, “rasul kami”. Kiranya Bapak Sandiaga Uno yang secara khusus ditugasi oleh Pak Jokowi mempercepat pengembangan destinasi wisata super prioritas, termasuk Danau Toba dapat berkolaborasi semaksimal mungkin dengan kami gereja HKBP,” ungkap Ephorus penuh haru.

Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar juga menambahkan dengan kunjungan Sandiaga Uno tentunya akan tersebar ke seluruh penjuru Nusantara dan dunia serta dapat memperkuat daya tarik wisatawan untuk berkunjung. 


“Pak Sandiaga, pada 25 Mei yang lalu, saya sudah kirimkan surat kepada semua gereja di sekitar Danau Toba, agar masing-masing warga gereja menjaga kebersihan lingkungan gereja. Yang akan menjadi teladan bagi masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat siap dan ramah terhadap pariwisata,” tegas Ephorus.

Dalam kunjungan ini, Ephorus menyampaikan Proposal Revitalisasi Makam Nommensen kepada Menparekraf. Tidak hanya itu Ephorus turut menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba. MoU tersebut meliputi kerja sama pengembangan spiritualitas, karakter, wawasan, keterampilan dan pemberdayaan ekonomi warga HKBP sekitar Danau Toba.


“Saya mengundang Bapak Menteri untuk hadir ke Kantor Pusat HKBP di Pearaja Tarutung pada 10 Juli mendatang, untuk turut meresmikan Sopo Nommensen,” pungkas Ephorus.

Turut hadir Bupati Ir. Poltak Sitorus, M.Sc. Wakil Bupati Toba Tony Simanjuntak, S.E. dan jajaran, Mantan Bupati Ir. Darwin Siagian, M.M. Praeses Pdt. Julson Pasaribu, M.Th. dan Pdt Resort Sigumpar, Pdt. Nikson Sitorus. (SKE_JFS)